“Semua Sebagai Pewaris”

Galatia 3:22-29
M1 = Menerima FT
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara dapat melihat bahwa janji Allah tidak dibatasi strata atau status sosial, budaya, serta golongan sosial, melainkan berlaku bagi siapa saja yang percaya dan dibaptis di dalam Kristus.
M2 = Merenungkan FT
1.         Mengapa Kitab Suci mengurung segala sesuatu di bawah kuasa dosa? (22)
.................................................................................
2.         Bagaimana sifat atau karakter hukum Taurat sebelum dan sesudah Yesus datang? (24-25)
.................................................................................
.................................................................................
3.         Bagaimana sifat mereka semua yang sudah dibaptis dalam Kristus? (28)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Ketika beberapa sahabat sedang mempertimbangkan untuk memungut anak yatim piatu dari luar negeri untuk tinggal bersama keluarga mereka, mereka bergumul dalam doa atas berbagai perasaan yang muncul atas keputusan tersebut. Dengan membawa seorang anak ke Amerika, berarti mereka harus mengadopsinya, serta memberinya hak-hak dan status yang sama dengan anak-anak mereka sendiri. Dan ia akan menjadi salah seorang ahli waris mereka. Mereka bukannya tidak bersedia membagi apa yang mereka punyai, tapi mereka menggumulkan tentang akibat jangka panjang dari apa yang hendak mereka lakukan. Merawat seorang anak angkat adalah tindakan yang penuh kasih dan tidak egois. Namun mengangkatnya sebagai anak merupakan suatu tanggung jawab yang lebih serius.
Bukankah suatu hal yang menakjubkan bahwa di dalam rencana -Nya yang kekal, Allah telah memutuskan untuk mengangkat setiap orang untuk menjadi anak-anak-Nya di dalam Yesus Kristus? Lebih dari sekadar memberi perhatian dan cinta kasih, Allah Bapa telah menjadikan saudara pun sebagai ahli-ahli waris-Nya. Alkitab mengatakan bahwa Kristus menebus saudara  "supaya kita diterima menjadi anak, jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah" (Galatia 4:5,7). Dalam surat Kolose 4:7-15, rasul Paulus telah menghabiskan hampir seluruh pasal untuk menyebutkan satu per satu nama-nama para pengikut Tuhan Yesus. Ada Tikhikus dari Asia Kecil (ayat 7), dan si budak pelarian, Onesimus, yang menjadi pengikut Yesus Kristus saat berjumpa dengan rasul Paulus di dalam penjara (ayat 9). Ada orang-orang percaya berkebangsaan Yahudi: Aristarkhus, Markus, dan Yustus (ayat 10-11). Ada pula pengikut Yesus Kristus yang bukan dari kalangan orang Yahudi, yaitu: Epafras, tabib Lukas, dan Demas (ayat 12-14). Ada juga Nimfa (ayat 15), yang menyediakan rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat berkumpulnya segenap jemaat. Orang-orang ini sangat besar artinya bagi Paulus dan pelayanannya. Nama-nama mereka muncul sesaat dalam perjalanan sejarah dan kemudian menghilang. Setelah memainkan peranannya bagi Kristus, mereka pun membiarkan orang lain mengambil alih tempat mereka, sama seperti yang Anda dan saya lakukan.  Mereka semua meskipun berbeda secara kelompok sosial, budaya, tetapi mereka semua satu di dalam Kristus sebagai pewaris janji Allah.
Alangkah istimewanya bila saudara diangkat -- anak yang terpilih -- menjadi ahli waris dalam keluarga Allah! Namun tentu tidak berhenti sampai disitu saja, Tuhan Allah menghendaki suadara sebagai pewaris berbagi mereka yang belum menjadi pewaris, karena Yesus pun mengasihi mereka.  

M3 = Melakukan FT
Tentukan orang yang akan didoakan saudara dan tuliskanlah nama mereka agar sepanjang bulan MISI ini mereka mengalami anugerah dan berkat-Nya!
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah kesulitan dan sukacita ketika saudara dapat memberkati seklilingmu, kepada rekan-rekan saudara di gereja, komsel atau di tempat kerja.

"Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang
yang sudah menguning dan matang untuk dituai”
Yohanes 4:35b

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”