Tiada Yang Mustahil

Luk 1:26-38; bandingkan Matius 17:14-21

Pendahuluan
" Kembar Group" adalah group musik yang terkenal di tahun 1980-an. Alex, bersama kembarannya, Yakub, telah menciptakan dan menyanyikan lagu-lagu pop yang membahana di seluruh Nusantara, dengan rambut yang gondrong yang khas. Namun ketenaran mereka tidak berlangsung lama. Group musik ini tiada terdengar lagi. Tidak banyak orang yang tahu. Alex mengatakan bahwa ketenarannya sebagai artis yang ditandai dengan "keglamouran" - dipuja orang, banyak uang, banyak teman, dan hidup "Semau gue" – dan terjerat minuman keras dan obat bius. Selama 13 tahun keterikatannya dengan obat bius - segala macam bentuk, dari yang paling ringan hingga yang paling berat - akhirnya telah merusak kariernya, fisiknya, relasi sosialnya, dan keuangannya juga "bangkrut". Sementara itu teman-teman baiknya yang berjumlah 11 orang, juga satu persatu digerogot habis oleh obat bius yang tidak pandang bulu dalam membinasakan mangsanya. Tidak ada seorang sahabat pun yang bisa menolongnya, dan mereka sama dengan Alex, ada dalam keadaan yang kritis.

Istri Alex, seorang Kristen yang baik, terus berdoa agar Alex diberi kesempatan untuk bertobat. Akhirnya, dalam keputus-asaannya, Alex mencoba memohon pertolongan kepada Tuhan Yesus. Dia mengakui semua kesalahannya dan memohon Tuhan mengampuni dirinya, serta memberikan kesembuhan baginya. Mujizat terjadi. Ya, mujizat terjadi. Alex disembuhkan. Kuasa darah Tuhan Yesus telah mengampuni dosa-dosanya dan sekaligus menyembuhkan fisiknya yang sakit. Petrus berkata: [I Petrus 2:24 ; Maz.103:3].

Orang-orang yang mengenalnya mengatakan, " Tidak mungkin bisa sembuh. Orang yang sudah kena obat pasti berbalik lagi, dan akhirnya pasti mati oleh obat ". Memang ada benarnya. Ke-11 temannya, satu per satu akhirnya mati akibat "Overdosis" atau "bunuh diri" sendiri. Namun bagi Tuhan, tiada yang mustahil. Apa yang tidak mungkin bagi manusia, itu mungkin bagi Allah [Lukas 1:37].

Alex menyaksikan bahwa sejak tahun 1995 hingga seterusnya, dia tidak pernah sekalipun terjatuh lagi dalam menggunakan obat bius. Bahkan merokok dan minuman keras pun dia stop sama sekali.

Perkataan “sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah”, adalah sepenggal percakapan malaikat Gabriel dan Maria yang sangat mengejutkan dan mustahil terjadi (mengandung dari Roh Kudus dan Elizabeth yang mengandung). Allah bisa memakai siapa saja (ay.30-33) dan memakai seseorang yang berhati hamba atau yang taat (ay. 38) atau yang percaya (Mat 17:20) untuk mengalami dan melakukan mujizat. Jadi ketidakmungkinan / kemustahilan itu berlaku bagi manusia, kemungkinan itu hanya bagi Allah.

Disini ada persamaannya dari Elisabeth dan Maria yang sama-sama bertanya dalam sudut pandang kemanusiaannya akan ketidakmungkinan perkataan Malaikat bagi mereka. Pertanyaan ini didasari oleh kondisi riil saat itu dimana seseorang wanita tua tidak mungkin akan mengandung dan seorang gadis muda tidak mungkin akan mengandung tanpa suami. Selain itu pertanyaan kedua tokoh di atas sangatlah wajar mengingat selama +/- 400 th di dalam masa antara PL dan PB tidak ada satu nubuatan pun atau tindakan manifestasi Allah dalam sejarah bangsa Israel.

Perbedaannya diantara mereka ialah tanggapan akhir mereka. Zakharia dikatakan dalam ay.20 malah menjadi tidak percaya atas penjelasan Malaikat, sedangkan Maria menanggapi penjelasan Malaikat dengan hati percaya (ay. 38).

Beranjak dari respon-respon inilah kita semua dapat memperhatikan sejenak bagaimana seseorang melihat mujizat dari sudut pandangnya masing-masing. Tetapi ujung dari semua itu bertujuan mujizat adalah mengajak jemaat untuk melihat kemungkinan sejauh yang diijinkan Allah, khususnya untuk pelayanan demi kemuliaan nama Tuhan. Dan Melihat semua itu sebagai satu kesatuan dari rencana keselamatan Allah atas umat manusia.

Sharing
Mujijat bisa terjadi kepada siapa pun dan kapan pun, tetapi mengapa sedikit orang yang mengalaminya? Diskusikan dan bagaimana kita harus bersikap?

Matius 17:17 Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”