“Musik dan Keagungan Tuhan”

Mazmur 148:1-14


M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan supaya Tuhan senantiasa dapat mengingatkan kita untuk senantiasa mengagungkan Tuhan.

M2 = Merenungkan FT

1. Kepada siapa sajakah seruan untuk memuji Tuhan di sampaikan?(2-5b,7-12)

.........................................................................

.........................................................................

2. Mengapa Tuhan harus di puji oleh semuanya baik yang di langit mau pun yang ada di bumi? (5b-6,13b-14)

.........................................................................

.........................................................................

3. Bagaimanakah pendapat saudara sendiri, pentingkah untuk memuji Tuhan? Mengapa?

.........................................................................

.........................................................................

PENGAJARAN

Kitab Mazmur adalah sebuah kitab yang memiliki jiwa atau ssemangat pujian. Maka jangan heran kalau sebagian besar isi dari kitab Mazmur adalah merupakan seruan untuk memuji Tuhan. Dalam bahasa Ibrani, kitab Mazmur diberi judul “Tehilim” / “Sefer Tehilim” (Kitab Tahlil-tahlil) atau disingkat “Tilim” = kidung puji-pujian. Sedangkan Septuaginta (Kitab Ibrani yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani) memberi nama Psalmoi (Mazmur), yaitu “lagu atau puisi yang dinyanyikan dengan iringan musik. Kata Psalmos berasal dari kata psallein berarti memetik senar” atau pengiring lagu.


Mazmur 148 berisikan seruan kepada segenap ciptaan-Nya baik yang ada di langit maupun yang ada di bumi untuk menaikkan puji-pujian kepada sang Penciptanya. Karena hanya Dia-lah yang layak untuk menerima puji-pujian. Allah layak untuk menerima puji-pujian, karena 1). Dia telah mencipta mereka (5b); 2). Dia terus memelihara segenap ciptaan-Nya (6) 3).Dia senantiasa mengawasi segenpa ciptaan-Nya (6b); 4).Hanya nama-Nya saja yang tinggi luhur (13a); 5).Kegaungan-Nya mengatasi bumi dan langit (13b), 6). Karena Dia telah meninggikan tanduk umat-Nya (tanduk = lambang kekuatan), menjadi puji-pujian bagi semua orang yang dikasihi-Nya (14). Sebagai kesimpulan, melalui Maz 148 segenap ciptaan-Nya di serukan untuk menyaksikan kebesaran dan keagungan-Nya, baik itu melalui alat musik maupun suara mereka.


Tuhan telah menciptakan musik bagi manusia, supaya dengan musik saudara bisa mengagungkan dan memuliakan Dia. Pertanyaannya apakah saudara sudah secara efektif mempergunakan musik itu untuk memuji kebesaran dan keagungan-Nya? Coba perhatikan tempat CD/DVD atau kaset yang ada di rumah saudara, lebih banyak mana CD/DVD atau kaset puji-pujian rohani ataukah lagu-lagu sekuler? Lagu apakah yang lebih saudara sukai, lagu rohani atau lagu sekuler? Hanya pribadi saudara sendiri yang dapat menjawabnya. Dan semoga melalui perenungan firman Tuhan hari ini dapat memberi inspirasi bagi saudara untuk senantiasa mempersembahkan puji-pujian bagi Tuhan, sebab hanya Dialah yang layak untuk dipuji dan diagungkan.

M3 = Melakukan FT

Bagi yang memiliki CD/DVD player atau tape, ambillah tekad untuk membeli CD/DVD atau kaset rohani minimal sebuah dalam sebulan ! Berdoalah bagi generasi muda saat ini, supaya mereka memiliki kecintaan untuk mendengar lagu-lagu rohani dari pada lagu-lagu sekuler !

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat rohani yang kita peroleh dalam perenungan hari ini kepada anggota keluargamu, anggota komselmu, dan teman-temanmu.

Ayat Hafalan =

“Setiap hari aku hendak memuji Engkau,dan hendak memuliakan nama-Mu

untuk seterusnya dan selamanya” (Mazmur 145:2)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”