”Setia Membaca Firman Tuhan”

2 Timotius 3:12-17

M1 = Menerima FT
Mintalah kepada Tuhan Yesus supaya Roh Kudus terus memimpin saudara berkomitmen untuk setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari.
M2 = Melakukan FT
1. Apa yang harus dilakukan setiap orang Kristen dalam menghadapi hidup yang sulit dan penuh kejahatan ini?(12-14)
.......................................................................
.......................................................................

2. Melalui Kitab Suci kita dituntun kemana?(15)
.......................................................................
.......................................................................

3. Apa manfaat dari Kitab Suci?(16)
.......................................................................
.......................................................................

PENGAJARAN
Sudah dua minggu berjalan saya mendorong anak-anak saya membaca Alkitab secara teratur setiap hari. Setiap kali selesai membaca Alkitab mereka harus memberi tanda pada tabel yang sudah saya buat berdasarkan tanggal. Tabel itu saya buat tiga rangkap sekaligus, di mana masing-masing tabel saya beri nama anak-anak saya dan nama saya sendiri. Otomatis akan ketahuan siapa yang tidak membaca Alkitab hari itu.

Hari itu hari Selasa, 14 Oktober dan jam sudah menunjukkan pukul 21.00 wib, saat saya sedang menyelesaikan bahan Pelita ini untuk hari Senin dan Selasa ketika anak saya berkata:”Mami hari ini belum baca Alkitab. Ayo, baca sekarang! Ternyata, ketika dia memberi tanda di tabelnya dia melihat hari ini saya belum membaca Alkitab. Satu teguran bagi saya, bahwa saya harus memberi teladan kepada anak-anak dalam hal setia membaca Firman Tuhan.

Sebagai seorang anak Tuhan, kita dituntut mempunyai sikap hidup yang benar dan bertanggung jawab terhadap diri kita, keluarga dan orang-orang disekitar kita terlebih kepada Tuhan Yesus. Setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan adalah satu-satunya cara untuk mengubah hidup kita dalam kebenaran.

Alkitab mengajarkan kita kebenaran, menegur kita atas kesalahan dan memimpin kita kepada apa yang baik. Seperti sebuah kapal laut yang akan mengadakan pelayaran yang jauh sekali memerlukan perlengkapan, demikian juga kita memerlukan perlengkapan untuk perjalanan hidup kita.

Alkitab merupakan perlengkapan Allah untuk perjalanan hidup kita. Di dalam Alkitab Tuhan Allah telah menaruh segala sesuatu yang kita perlukan, sehingga tidak perlu ditambahi atau dikurangi. Alkitab merupakan perlengkapan Allah untuk anak-anak-Nya yang harus berjalan dalam menghadapi dosa dan ajaran-ajaran sesat.

Di tengah-tengah dunia yang semakin sulit dan jahat ini sudahkah kita menjadi orang Kristen yang benar yang selalu setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan? Sudahkah kita menjadi teladan bagi keluarga (orang tua, anak, suami/istri) dalam membaca Firman Tuhan?

M3 = Melakukan FT
Ambillah tekad untuk setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Meski lelah, sibuk jangan biarkan hari ini berlalu sebelum saudara membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

M4 = Membagikan FT
Bagikan berkat rohani yang saudara peroleh karena setia membaca dan merenungkan Firman Tuhan meskipun saudara sibuk.

Ayat Hafalan =

“Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang”! Amsal 31:31

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”