“Bertumbuh Melalui Peperangan Rohani”

Efesus 6:10-20

M1 = Menerima FT

Berdoalah supaya Firman Tuhan ini dapat menjadi pegangan tatkala saudara menghadapi peperangan rohani.

M2 = Merenungkan FT
1. Apa yang harus dilakukan orang percaya supaya kuat di dalam Tuhan?Apa sajakah perlengkapan itu? (10-18)

...............................................................................................................

...............................................................................................................
2. Untuk melawan siapakah orang percaya harus melakukan hal Itu? (11-12)

................................................................................................................

................................................................................................................
3. Bagaimanakah seharusnya orang percaya berdoa?(18)

..............................................................................................

..............................................................................................

PENGAJARAN
Di bagian ini Paulus mengajak pembacanya supaya tetap teguh menghadapi pencobaan serta bersiap untuk berperang. Musuhnya bukan penguasa manusiawi yang menindas gereja; dibalik mereka berperan kuasa-kuasa iblis. Kuasa-kuasa itu hanya bisa dihadapi dengan pertolongan yang Allah berikan kepada orang Kristen untuk digunakan, yaitu pemberian perlengkapan senjatanya . Persenjataan lengkap ini didaftar menurut perlengkapan yang disandang dan dipergunakan oleh tentara Romawi yang siap berperang.

Pertama, ikat pinggang kebenaran. Ikat pinggang itu sebenarnya melekat pada seragam dan sekaligus tempat menyandang pedang; dengan demikian prajurit itu bebas bergerak. Orang lain mungkin akan menebak dan menerka masalah hidup yang sedang dan akan dihadapinya. Tetapi orang Kristen akan bergerak secara bebas dan cepat karena mereka tidak ragu lagi akan kebenaran yang ada pada dirinya. Kedua, baju zirah keadilan. Orang yang berbajuzirahkan keadilan tentu kebal terhadap serangan-serangan yang menimpanya. Tutur kata saja tak dapat menahan tuduhan-tuduhan yang dilontarkan atas diri kita. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk menangkis setiap tuduhan yang dilontarkan terhadap iman Kristen adalah menunjukkan betapa baiknya kehidupan orang Kristen. Ketiga, Kasut kaki adalah perlengkapan yang dipakai oleh orang yang siap segera bergerak. Salah satu ciri orang Kristen adalah kesediaan dan kerelaan memberitakan Injil. Keempat, perisai. Salah satu senjata yang membahayakan dalam perang zaman dulu ialah anak-anak panah yang tajam dan berapi. Pencobaan-pencobaan atas iman kita ibarat anak-anak panah itu. Anak panah yang menyala itu akan padam jika menimpa perisai itu. Jika kita berjalan bersama Kristus, kita akan diselamatkan dari setiap pencobaan. Kelima, ketopong keselamatan. Keselamatan dalam Kristus memberikan pengampunan atas segala dosa kita pada masa lalu dan memberikan kita kekuatan untuk melawan dosa di masa yang akan datang. Keenam, Firman Allah yang menjadi senjata kita untuk menahan serangan dosa dan sekaligus untuk menyerang dosa-dosa dunia. Sebagaimana pedang berguna di tangan prajurit, demikian juga firman Allah di dalam diri orang beriman.

Akhirnya, Paulus menyebutkan senjata yang terbesar, yaitu doa. Berdoa harus dilakukan terus-menerus, dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh hanya untuk kepentingan diri sendiri. Sebab itu marilah kita belajar untuk lebih banyak berdoa bagi orang lain dan berdoa bersama orang lain ketimbang untuk diri kita sendiri.

Paulus mengakhiri perikop ini dengan permintaan agar sahabat-sahabatnya berdoa bagi dia supaya diperkenankan Allah untuk terus menyampaikan rahasia karya-Nya. Karena itu, baiklah kita ingat bahwa setiap pemimpin dan pelayan Kristen memerlukan bantuan doa dari seluruh jemaatnya untuk menopangnya di dalam tugasnya. Maukah saudara mendoakan mereka??

M3 = Melakukan FT
Saat ini saudara sedang menghadapi peperangan rohani. Jangan takut dan jangan pula mengandalkan kekuatan saudara. Pakailah seluruh perlengkapan senjata Allah. Saudara pasti menang!

M4 = Membagikan FT
Bagikan pengalaman rohani saudara saat menghadapi peperangan rohani.

Ayat Hafalan =
“Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan
dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
Bagi-Nya kemuliaan sekarang dan sampai selama-lamanya. ”2 Petrus 3:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”