“Empat Wanita Spesial”

Matius 1:1-16
M1 = Menerima FT
Berdoalah supaya melalui pembacaan firman Tuhan hari ini saudara menyadari bahwa saudarapun adalah orang spesial yang dipilih dan mau dipakai Tuhan Yesus untuk menjadi berkat bagi orang banyak dan membawa kemuliaan bagi nama Tuhan.

M2 = Merenungkan FT
1. Apa judul perikop dari pembacaan Alkitab hari ini?

...............................................................................................................
2. Dari sekian banyak nama-nama dalam silsilah Yesus Kristus, ada berapa nama wanita?Sebutkan!(3-5)

..............................................................................................................

...............................................................................................................
3.
Berapa jumlah keseluruhan keturunan dari Abraham sampai Yesus Kristus? (17)

..............................................................................................

PENGAJARAN
Bagi para pembaca masa kini, Matius agaknya telah memilih suatu cara yang luar biasa untuk memulai kitab Injilnya; dan agaknya juga membosankan untuk menyajikan suatu daftar nama yang panjang pada permulaan dari kitab Injil itu. Mengapa Matius memulai Injilnya dengan suatu silsilah? Alasannya adalah untuk memperlihatkan bahwa Yesus memenuhi syarat untuk menjadi Mesias (yaitu Raja besar) yang dijanjikan dalam Perjanjian.

Dalam PL dinubuatkan bahwa seorang dari bangsa Israel, jadi dari keturunan Abraham, dan lebih teliti lagi, dari keturunan Daud, akan menjadi Mesias. Sebab itu dalam Matius 1:1 dikemukakan bahwa benar, Yesus adalah keturunan Abraham dan keturunan Daud.

Satu hal yang menarik dalam silsilah ini adalah nama para wanita yang ada di dalamnya. Biasanya dalam daftar silsilah orang Yahudi, sama sekali tidak terdapat nama-nama wanita. Wanita dianggap bukan sebagai pribadi tetapi hanya sebagai sesuatu. Ia tidak mempunyai hak hukum. Ia adalah milik bapanya atau milik suaminya; dan di dalam posisi seperti itu suami atau bapanya dapat meminta dia melakukan apa saja yang dikehendaki mereka.

Tidak heran, setiap orang Yahudi laki-laki, di dalam setiap doa paginya selalu berterima kasih kepada Allah, bahwa Allah telah menciptakannya bukan sebagai orang non-Yahudi, hamba atau wanita. Jadi, munculnya nama-nama wanita itu dalam silsilah ini merupakan suatu gejala yang luar biasa dan sangat mengherankan. Lebiah mengherankan lagi jika melihat apa yang mereka lakukan. Tamar (Kej.38) adalah wanita Kanaani, seorang wanita pemikat dan pelacur; Rahab (Yos.2) adalah seorang pelacur yang berasal dari Yerikho; Rut (Rut 1:4) sebenarnya termasuk orang asing yang dibenci oleh orang Yahudi, ia berasal dari Moab dan Batsyeba, walaupun berasal dari Israel, telah menajdi “bangsa asing” sebab menikah dengan Uria, orang Het itu. Batsyeba adalah wanita yang memikat hati Daud sehingga Daud terlibat dalam tindakan pelacuran dengan dia (2 Sam. 11&12).

Wanita-wanita asing itu disebut oleh Matius untuk memperlihatkan bahwa Tuhan menerima bangsa-bangsa yang bukan Yahudi dalam rencana keselamatan dan rela untuk mengadakan hubungan dengan orang-orang yang berdosa.

Jadi, melalui Injil Matius, saudara dapat melihat bahwa kasih Allah itu sangat luas dan mencakup semua-muanya. Allah dapat mengangkat setiap orang untuk menjadi hamba-Nya baik orang yang merasa terhormat maupun yang dianggap tidak terhormat.

M3 = Melakukan FT
Bersyukurlah kepada Tuhan bahwa saudara adalah salah satu orang spesial yang dipilih dan mau dipakai Tuhan menjadi hamba-Nya dalam bidang apa saja.

M4 = Membagikan FT
Bagikan pengalaman yang menunjukkan bahwa saudara adalah orang sp[esial yang dipilih Tuhan.

Ayat Hafalan =
“Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. ”Matius 2:10

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”