“Hadiah Yang Spesial”

Yesaya 9:1-6

M1 = Menerima FT
Berdoalah agar saudara dapat memahami akan arti pentingnya sebuah ke hidupan yang terus bertumbuh di dalam Tuhan.

M2 = Merenungkan FT
1. Bagaimana Yesaya menggambarkan keadaan dunia sebelum kedatangan Mesias? (1)

...............................................................................................................
2. Hadiah apa yang Allah berikan pada dunia yang dalam keadaan kegelapan ini?
(5)

..............................................................................................................
3. Bagaimana kekuasaan Mesias tersebut? (6)

..............................................................................................

PENGAJARAN
Tidak ada nabi di PL yang menubuatkan tentang Mesias yang dijanjikan sebanyak di Yesaya. Ia menubuatkan masa kedatangan Mesias yang ditandai dengan perdamaian dunia. Ia juga melukiskan kedatangan seorang Hamba-Penguasa yang akan membawa perpaduan misterius antar kekuasaan dan penderitaan. Di perikop ini, saudara akan melihat bagaimana Yesaya menggambarkan karakter seorang Mesias dari nama-Nya.

Setiap nama Ibrani memiliki arti penting dan Yesaya menggunakan 4 nama. Setiap nama memberikan pemahaman yang berbeda dalam melihat Putra Allah: (1) Penasihat Ajaib. Gambaran Mesias sebagai seorang Raja yang menasihati 'rakyat'-Nya'. Ia sendiri mengajarkan tentang jalan-jalan-Nya, memberikan roh hikmat dan pengertian, serta keputusan yang bijaksana. Sedangkan kata 'ajaib' menerangkan sesuatu yang tak biasa, yang di luar nalar / pemikiran manusia. (2) Allah yang Perkasa. “Allah” adalah sebutan yang mengingatkan manusia akan kekontrasan antara Allah dan manusia. Mesias adalah Allah. Dia memiliki kuasa Allah. Kata 'perkasa' berarti kekuatan, kekuasaan, pahlawan. Allah yang kekuatan-Nya tiada bandingnya. Yesaya menggambarkan ‘sebagai tempat perlindungan’ (10:21). Ia tak hanya berkuasa, namun memang Allah yang berkuasa. (3) Bapa yang Kekal. Dalam Ibrani kuno, “Bapa” berarti pemilik. Mesias itu adalah Pemberi berkat yang abadi, Dia sudah ada sebelumnya (tidak diciptakan oleh siapapun, Dialah Alfa dan Omega). Ia lah yang mendiami dan menguasai kekekalan. Dialah Bapa yang Kekal, yang telah memberi hidup kekal sehingga orang berdosa dapat berdamai dengan Allah dan sesama. (4) Raja Damai. Mesias yang datang adalah yang menghapus segala unsur yang mengganggu kedamaian dan mengukuhkan kedamaian. Sangat berbeda dengan pemerintahan dunia yang sering bergantung pada penumpahan darah. Justru Mesias ini mendasarkan kekuasaan-Nya dengan pengorbanan darah-Nya, karena tujuan kedatangan-Nya adalah membangun sebuah dasar perdamaian dengan Allah dan untuk membawa damai ke dalam dunia. Kedamaian yang diberikan-Nya dalam pergumulan hidup, proses pendewasaan hidup, untuk mencapai kemenangan hidup, dan kedamaian dalam persaudaraan.

Di tengah keadaan dunia yang sangat rusak dan butuh penolong, Mesias seperti inilah yang Allah berikan pada manusia berdosa. Sungguh sebuah hadiah special yang telah Allah berikan untuk manusia yang tak layak menerimanya. Kalau saudara telah sadar akan hal ini, hadiah special apa yang dapat juga saudara berikan untuk Allah?

M3 = Melakukan FT
Bagaimana kehidupan saudara bersama dengan Allah selama ini? Mulailah hidup dengan kepenuhan Allah dan rasakan bagaimana hal itu akan mengubah hidup saudara.

M4 = Membagikan FT
Bagikan pengalaman saat saudara telah hidup berakar di dalam Allah, dan pertumbuhan apa yang saudara rasakan kemudian?

Ayat Hafalan =
“Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. ”Matius 2:10

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”