“Indahnya Ibadah Dalam Kelepasan”

Mazmur 32
M1 = Menerima
1. Berdoalah minta pertolongan Tuhan agar saudara dilepaskan dari beban-beban dosa yang menghalangi ketika beribadah kepada-Nya.

M2 = Merenungkan FT
1. Himbauan apa yang hendak disampaikan oleh Daud tentang pengampunan? (1-5)
.................................................................................................................
.................................................................................................................
................................................................................................................
2. Hal apa akan diperoleh bagi orang-orang yang mendapat kelepasan dari dosa-dosa mereka? (6-7, 10)
................................................................................................................. ................................................................................................................. ................................................................................................................

3. Siapakah Tuhan menurut Daud atas segala pemeliharaan-Nya bagi seluruh kehidupan Daud secara pribadi? (7)
...............................................................................................................
...............................................................................................................

PENGAJARAN
Seseorang tidak dapat beribadah dengan baik ketika di dalam dirinya masih terdapat beban-beban, baik beban pikiran atau pun perbuatan. Biasanya beban tersebut ada dikarenakan dosa yang senantiasa menghambat orang berkonsentrasi kepada Tuhan. Akibatnya pun, saudara tidak dapat berkonsentrasi penuh atas berbagai tuduhan iblis atas dosa-dosa yang saudara perbuat. Untuk itu saudara butuh kelepasan dari beban-beban dosa agar saudara dapat menikmati persekutuan bersama dengan-Nya.

Kesadaran Daud akan dosa-dosanya membuat ia berbalik dan meminta ampun dari Tuhan. Hanya pengampunan dosa dari Tuhan sajalah Daud mendapatkan kelepasan atas semua persoalan atau masalah atau pergumulan hidupnya. Tentu saja kelepasan dari segala dosa yang membelenggu dan menjadi beban kehidupan Daud. Tidak heran jika Daud sendiri mengutarakan betapa sukacitanya bagi orang-orang yang mendapatkan pengampunan dari Tuhan (ay. 1-2). Bagaimana mendapatkan kelegaan dari segala beban dosa? Ya tidak acara cara lain selain mengaku dihadapan-Nya (ay. 4-5). Pengakuan dosa Daud memberinya suatu kelepasan ajaib. ia tidak lagi menjadi orang yang dihantui rasa bersalah (ay. 7). ia pun akan mendapatkan sukacita sorgawi atas kelepasan dari hal tersebut. dan tentu saja kelepasan ini dapat terjadi ketika saudara pun mau mengaku dosa di hadapan Tuhan.

Daud sangat serius dalam pengakuan dosa. Ini adalah jalan satu-satunya kita memperoleh kelepasan sorgawi. suatu kelepasan dari segala beban dosa yang pernah kita perbuat (ay. 8-9). Jangan saudara menjadi orang bebal, sebagaimana diibaratkan Daud sebagai “kuda atau bagal” yang tidak berakal! Tuhan Allah sangat rindu saudara datang dengan kerendahan hati dihadapan-Nya, mengakui segala kekurangan atau pun kelemahan anda secara pribadi agar anda mendapatkan kelepasan, dan dapat beribadah kepada-Nya dengan penuh kedamaian karena tiada sesuatu yang dapat menghalangi seluruh penyembahanmu.

M3 = Melakukan FT
1. Coba renungkan kembali segala kesalahan-kesalahan yang sempat menghalangi anda beribadah kepada-Nya, dan berdoalah agar saudara mendapatkan kelepasan sorgawi atas beban tersebut.

M4 = Membagikan FT
1. Sharingkan bagaimana karya Allah bekerja melegakan ketika saudara berani mengaku dosa di hadapan Tuhan.

“Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita,
Datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!” Mazmur 100 : 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”