“Ada Perlindungan”

Yosua 20:1-9
M1 = Menerima FT
1. Berdoa agar Tuhan memberikan saudara hati untuk saling melindungi dalam komsel.

M2 = Merenungkan FT
1. Apa yang Allah minta pada Yosua untuk ditentukan? (2)
...........................................................................................
...........................................................................................
2. Apa gunanya kota perlindungan itu? (3, 9)
......................................................................................................................................................................................................
3. Apa yang akan diakukan kota itu sebagai perlindungan? (4)
............................................................................................
.............................................................................................

PENGAJARAN
Di dunia ini ada banyak hukum yang diberlakukan dengan tujuan untuk mempertahankan dan melindungi hak yang dimiliki oleh setiap orang. Tampaknya keegoisan dan ketamakan manusia membuatnya menjadi orang yang hanya mengutamaan hak pribadi dan mengorbankan hak orang lain. Biasanya, orang yang lemah akan lebih mudah untuk dijajah haknya. Sampai harus ada suatu undang-undang yang membuat semuanya tetap berjalan harmonis. Tidak hanya dalam sistem hak dan kewajiban secara umum. Seperti yang saudara juga ketahui, bayi dan anak kecil yang masih rentan dan lemah juga perlu mendapatkan perlndungan dari orangtua mereka. Bahkan, di dalam suatu hubungan komuitas di dalam gereja juga perlu adanya perlindungan.

Seperti yang diperintahkan Allah pada Yosua untuk menentukan kota-kota perlindungan bagi orang Israel yang secara tidak sengaja telah membunuh seseorang. Kota ini akan menjadi perlindungan baginya untuk tidak dibunuh oleh orang atau keluarga yang menuntut balas. Sampai akhirnya ia dihadapkan pada jemaat untuk diadili. Perlindungan yang seperti itu juga harus ada dalam setiap komunitas. Maksudnya di sini bukanlah menutupi kesalahan / dosa yang sudah dilakukan oleh rekan komsel dengan membela dan memutarbalikan fakta. Jika memang ada suatu kesalahan / dosa yang pernah dilakukan, hendaklah memang ada pengakuan dari orang tersebut. Perlindungan yang dapat diberikan adalah dengan memberikan nasihat atau membantu memberikan solusi agar rekan komsel tetap berada pada kehidupan yang Allah kehendaki. Atau dengan tidak mengumbar permasalahan rekan komsel di luar komsel tersebut.

Saling memberikan perlindungan adalah suatu hal yang mutlak perlu di tengah komsel saudara. Karena di dalam komsel yang sehat ada keterbukaan pada semua anggotanya. Dari situ lah, saudara dapat mengerti setiap pergumulan rekan saudara dan saudara dapat memberikan perlindungan yang diperlukan oleh rekan saudara.

M3 = Melakukan FT
1. Berikan perhatian khusus pada rekan komsel saudara dan berikanlah perlindungan yang dibutuhkan.
...............................................................................................................
...............................................................................................................

M4 = Membagikan FT
1. Bagikanlah pengalaman saudara memberikan perlindungan pada seseorang yang menjadi berkat untuk orang tersebut dan bagi saudara sendiri.

“Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah,
dan mereka sangat takut, katanya: "Hari ini kami telah
menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan." Lukas 5 : 26

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”