“Menjadi Pengemban Amanat Agung”

Matius 28:16-20
M1 = Menerima FT
1. Mintalah kepada Tuhan Yesus supaya sebagai seorang murid saudara taat melakukan firman Tuhan dalam hidup saudara.

M2 = Merenungkan FT
1. Siapakah yang berangkat ke Galilea, ke sebuah bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka?(16)
...............................................................................................................
2. Apa yang mereka lakukan ketika melihat Yesus?(17)
................................................................................................................
3. Bagaimana reaksi Yesus ketika melihat mereka dan apa yang dikatakan-Nya?(18)
....................................................................................... ........................
...............................................................................................................
4. Apa pesan Yesus kepada murid-murid-Nya?(19-20)
...............................................................................................................
...............................................................................................................

PENGAJARAN
Bagian ini merupakan bagian yang khas dari Injil Matius. Mengapa demikian? Karena hampir semua isi kitab Injil Matius terdapat juga dalam Injil-Injil yang lain, yaitu Markus, Lukas dan Yohanes. Ketika Yesus ditangkap dan disalibkan, para murid begitu ketakutan, bahkan Petrus yang biasanya begitu bersemangat dan berapi-api sampai menyangkal Yesus sebagai Guru dan Tuhannya. Akan tetapi Yesus tidak membiarkan mereka terus berada dalam keterpurukan dan kegagalan mereka. Berkali-kali Ia menampakkan diri untuk memberi semangat dan membangkitkan kepercayaan kepada para murid bahwa Ia adalah Tuhan yang hidup yang tidak pernah membiarkan mereka berjalan sendiri.

Pesan terakhir ini merupakan satu tugas yang diberikan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya sebelum Ia terangkat ke surga. Pesan terakhir ini lebih dikenal dengan Amanat Agung Yesus Kristus. Melalui pesan terakhir ini Tuhan Yesus ingin meyakinkan kepada para murid-Nya bahwa mereka masih tetap menjadi murid-yang Ia percayai yang harus meneruskan misi-Nya di dalam dunia ini yaitu menjadikan semua bangsa murid-Nya (19-20).

Amanat ini diberikan bukan saja kepada para murid Tuhan Yesus, tetapi juga kepada semua pengikut Yesus. Bukan saja kepada para pendeta dan misionaris tetapi kepada semua orang percaya yang sudah menerima anugerah keselamatan dari Tuhan Yesus. Inilah misi yang diberikan Tuhan Yesus kepada saudara. Misi ini bukanlah pilihan, tetapi tugas yang wajib dikerjakan oleh semua orang Kristen yang percaya kepada-Nya.

Satu hal yang luar biasa, Tuhan Yesus tidak hanya memberikan tugas ini dan kemudian Ia pergi meninggalkan murid-murid-Nya dan setiap orang percaya. Namun, Ia berjanji akan menyertai mereka dan setiap kita. Bukan dalam jangka waktu tertentu, tetapi Ia berjanji akan menyertai sampai akhir zaman.

Allah telah memberi saudara sebuah pesan kehidupan untuk dibagikan . Ketika saudara menjadi seorang percaya, saudara menjadi seorang pembawa pesan Allah. Allah ingin berbicara kepada dunia melalui diri saudara. Sudahkah saudara menjalankan Amanat Agung yang dipercayakan Tuhan Allah melalui Yesus Kristus kepada saudara? Jangan sampai saudara menyia-nyiakan kesempatan yang masih Tuhan percayakan kepada saudara. Kerjakanlah sekarang juga!

M3 = Melakukan FT
1. Pernahkan saudara menjalankan pesan terakhir yang diperintahkan Tuhan Yesus sebelum Ia naik ke surga. Kalau sudah terus jalankan pesan ini. Kalau belum, komsel dapat menjadi sarana untuk saudara membawa jiwa datang kepada Tuhan ...............................................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikanlah berkat yang saudara dapatkan selama menjadi orang Kristen secara khusus kepada orang-orang yang belum percaya!

“Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan,
yaitu jika kamu berbuah banyak
dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”.” Yohanes 15 : 8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”