“Gereja Yang Menegakkan Disiplin”

Markus 11:15-19
M1 = Menerima FT
1. Berdoa agar Tuhan memberikan kedisiplinan dalam hidup saudara melalui pemberitaan firman dalam mimbar, renungan harian PELITA atau saudara seiman.

M2 = Merenungkan FT
1. Hal apa saja yang ada di halaman Bait Allah yang kemudian diusir oleh Yesus? (15-16)
............................................................................................................................................................................................................
2. Apa alasan Yesus tidak memperkenankan hal-hal tersebut ada di Bait Allah? (17)
.....................................................................................................
......................................................................................................
3. Apa tindakan para imam kepala dan ahli Taurat atas tindakan Yesus tersebut? (18)
............................................................................................................................................................................................................
4. Apa alasan para imam kepala dan ahli Taurat itu? (18)
.....................................................................................
.....................................................................................

PENGAJARAN
Pandangan seseorang mengenai Bait Allah akan mempengaruhi bagaimana orang tersebut bersikap. Seperti yang terjadi pada Bait Allah di Yerusalem saat itu. Banyak orang tidak lagi melihat bahwa Bait Allah adalah tempat kudus, dimana Allah ada di situ. Mereka hanya melihat sebagai suatu bangunan dimana diadakan kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan rutinitas. Sehingga mereka tidak hanya menghormati tempat itu, justru menggunakan halaman Bait Allah itu sebagai tempat perdagangan yang tidak jujur. Dengan adanya peraturan bagi orang Yahudi untuk datang ke Bait Allah yang hanya ada di Yerusalem itu minimal setahun sekali, untuk mempersembahkan korban, mereka haruslah menyiapkan hewan untuk bisa mereka persembahkan di sana. Di luar kota Yerusalem memang banyak dijual hewan dan jauh lebih murah harganya, namun ada resiko hewan-hewan itu cacat. Padahal, mereka harus mempersembahkan yang terbaik bagi Allah. Belum lagi, jika seorang imam di sana mengatakan bahwa hewan yang mereka bawa adalah hewan yang tidak layak untuk dipersembahkan. Sebenarnya, mereka seperti dipaksa untuk membeli hewan yang dijual oleh para pedagang di halaman Bait Allah itu, yang sebenarnya mereka “bekerja sama” dengan para imam. Dengan jaminan bahwa hewan yang mereka juat tidak bercacat, namun harga jauh lebih tinggi. Maka dari itu, Yesus menyebut mereka semua sebagai para penyamun. Sehingga Yesus bertindak dan mengusir orang yang berjual beli di halaman Bait Allah itu.
Hal serupa masih banyak terjadi di gereja-gereja masa kini. Memang bukan dalam bentuk penjualan hewan untuk korban persembahan. Namun ada hal-hal yang tidak jujur dan tidak benar yang masih banyak terjadi. Semuanya itu karena seseorang tidak melihat akan adanya keberadaan Tuhan di gereja, yang seharusnya saudara semua mempunyai sikap hormat pada saat datang dan beribadah atau mengingat orang lain akan hal itu.
Bagaimana saudara dapat menegakkan disiplin seperti yang Yesus lakukan. Ada 2 hal yang harus kita lakukan. Yang pertama adalah memulai kedisiplinan dari diri sendiri. Dan yang kedua adalah dengan berani bertindak radikal pada saat kita melihat ada sesuatu yang tidak jujur atau tidak benar. Kedua sikap ini tidak hanya dilakukan di dalam gereja, melainkan di mana pun saudara berada. Karena saudara semua adalah agen Allah untuk menunjukkan kebenaran.

M3 = Melakukan FT
1. Tuliskan kedisiplinan apakah yang bisa dimulai dari hal-hal kecil, terutama dalam bersikap jujur dan bertindak sesuai kebenaran Allah.
.....................................................................................

M4 = Membagikan FT
1. Bagikanlah bagaimana usaha saudara mendisiplinkan diri dan menjadi berkat untuk orang di sekitar saudara.

“Kata Yesus kepada mereka: Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia
yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” Yohanes 4:34

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”