”Kaya Dalam Kebajiikan”

1 Timotius 6:17-19

M1 = Menerima FT

1. Berdoalah supaya saudara dapat meresponi dengan baik segala anugerah Allah bagi dirimu melalui kebajikan bagi orang lain.

M2 = Merenungkan FT

1. Sebutkan 3 peringatan untuk orang-orang kaya? (17-18)

................................................................................................................

................................................................................................................

2. Pada siapakah kita harus menggantungkan harapan kita di dunia ini ? Mengapa ? (17b)

................................................................................................................

3. Menurut Paulus, apakah yang sesungguhnya telah kita lakukan dengan memberi dan membagi ? (19)

................................................................................................................

4. Apakah yang Yesus katakan kepada Simon mengenai wanita itu? (47). Apa yang Yesus katakan kepada perempuan itu? (48,50)

.....................................................................................

.....................................................................................

PENGAJARAN

Surat Paulus yang pertama kepada Timotius ini merupakan salah satu surat penggembalaan atau pastoral yang dikirimkan secara khusus pada Timotius yang saat itu sedang menjalankan tugas penggembaannya, yaitu sebagai gembala jemaat Efesus. Tujuan surat ini adalah nasihat-nasihat praktis untuk dapat menolongnya menggembalakan jemaat Efesus yang saat itu sedang dikacaukan dengan ajaran-ajaran sesat serta hal-hal negatif lainnya yang melanda manusia di dunia, antara lain kesombongan.

Kesombongan adalah suatu tindakan meninggikan diri atau memegahkan diri atas segala sesuatu yang dimiliki, antara lain atas kepemilikan kekayaan dan menjadikan kekayaan itu sebagai harapan hidupnya, dijadikan Tuhan yang layak dibanggakan dan dimuliakannya. Fenomena inilah yang sedang terjadi baik di jemaat Efesus maupun umat manusia di dunia ini. Kepada mereka yang menyatakan diri sebagai orang kaya ini yang senantiasa menganggap kekayaan itu sebagai kemuliaan hidupnya, Paulus mengingat bahwa sesungguhnya materi yang dipunyai, mereka terima dari Tuhan, sehingga tiada alasan apa pun untuk meninggikan atau memegahkan diri, seolah-olah itu semua adalah usaha sendiri serta memuliakan materi itu. Materi itu hanya bersifat sementara saja. Paulus mengharapkan supaya manusia menyingkirkan segala kebanggan dan kemuliaannya di dunia ini pada materi karena tidak ada sesuatupun yang pantas dibanggakan dan dimuliakan selain Yesus saja. Yesus Kristus adalah satu-satunya kebanggaan dan kemuliaan bagi setiap anak Tuhan. Di sini Paulus menghubungkan kerendahan hati dengan anugerah (grace) bahwa anugerah merupakan dasar yang penting bagi pembentukan kerendahan hati manusia. Orang yang sadar akan anugerah Allah baginya, tidak akan menutup hatinya untuk membagikan dan menyalurkan anugerah itu juga bagi orang lain. Kesadaran akan anugerah Allah itu akan menghancurkan keegoisannya mau memberi dan membagi bagi orang lain sebagaimana Allah yang mau meninggalkan kemuliaan-Nya, menjadi manusia dan menjalani penderitaan demi memperkaya manusia di dalam kekayaan kasih karunia-Nya.

Sebagai orang Kristen, saudara adalah orang yang kaya dengan kasih karunia Allah yang berlimpah. Dan tugas saudara adalah menjadi penyalur kasih karunia itu bagi orang lain melalui kebajikan, menjadi sumber berkat bagi orang lain.

M3 = Melakukan FT

1. Nyatakanlah ucapan syukur atas pengampunan yang saudara alami lewat pernyataan kasih kepada anggota keluarga baik secara verbal maupun dengan perbuatan kasihmu pada mereka. .....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikanlah kebenaran ini kepada rekan-rekan komsel saudara dan motivasilah mereka untuk melakukan bagian M3.

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan

atau bayangan karena pertukaran”. Yakobus 1:17

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”