”Fokus Mengubah Masyarakat”

Efesus 4:17-24

M1 = Menerima FT

1. Bukalah hati agar Tuhan menolong saudara untuk melakukan suatu transformasi dalam masyarakat melalui perubahan hidup saudara.

M2 = Merenungkan FT

1. Apa yang dikatakan dan ditegaskan Paulus kepada jemaat? (17a)

.....................................................................................

2. Sebutkan beberapa ciri-ciri dari seorang manusia lama! (17b-19)

.....................................................................................

3. Apa yang seharusnya dilakukan seorang manusia baru? (22b-24)

.....................................................................................

.....................................................................................

PENGAJARAN

Sunday Adelaja dalam buku Church Shift berkata: “Suatu pergeseran harus terjadi. Sebelum kita dapat memerintah di tanah perjanjian kita, kita harus diperintah oleh kerajaan Allah. Alkitab menyebut hal ini dengan 'berubahlah oleh pembaharuan budimu' (Roma 12:2). Jika kita menginginkan suatu bangsa yang baru, kita harus berubah sebagai individu. Kita hanya akan menemukan keberhasilan dalam mentransformasi lingkungan kerja, keluarga, bidang sosial, dan masyarakat kita saat kita tinggal dengan peraturan kerajaan.” Dalam perikop ini, Paulus menasehati jemaat Efesus untuk membuang cara hidup yang lama dan berpaling kepada cara hidup di dalam Kristus. Ciri-ciri khas dari kehidupan seorang manusia lama adalah: membicarakan perkara-perkara yang kosong dan tak bermakna; akal budinya gelap karena kebodohannya. Dalam kehidupan lama, Paulus melihat adanya 3 perkara yang mengerikan. Pertama, hati manusia sudah begitu membatu sehingga sama sekali tidak sadar bahwa mereka berdosa; Kedua, dosa sangat berkuasa atas mereka, sehingga tidak kenal malu dan sopan-santun; Ketiga, mereka hanya memikirkan hawa nafsu, sehingga tidak peduli lagi terhadap orang lain asal hawa nafsunya terpuaskan. Itulah dosa dunia masa kini yang sangat nyata; dosa itu mengancam setiap segi kehidupan dan menyusup menelusuri setiap jalan di kota-kota besar.

Maka Paulus menghimbau dengan tegas agar setiap anak Tuhan meninggalkan kehidupan semacam itu. Dengan gaya bahasanya yang hidup, ia mengatakan: “Tanggalkanlah cara hidupmu yang lama sama seperti engkau menanggalkan baju tuamu; berpakaianlah dengan cara yang baru; tanggalkanlah segala dosamu dan kenakanlah kebenaran dan kesucian yang Allah berikan kepadamu.” Jadi untuk dapat menjadi pengubah masyarakat, maka harus diawali dengan perubahan hidup. Menjadi seorang yang mengenakan kehidupan yang baru, bukan sekedar status sebagai anak-anak Allah, tetapi kehidupannya pun yang sesuai dengan status yaitu hidup di dalam kebenaran dan kekudusan Allah.

Diawali dari pikiran dan hati yang dibaharui oleh Tuhan, maka saudara dapat hidup sesuai dengan kebenaran Allah. Seorang manusia baru tidak lagi hidup bagi dirinya sendiri ataupun mengikuti nafsu kedagingannya, tetapi justru harus hidup menyerupai Tuhan, yaitu dengan membuang segala dosa, seperti: dusta, amarah, mencuri, berkata kotor dan segala dosa yang lain dan mengenakan kasih serta pengampunan di dalam Tuhan. Melalui perubahan hidup saudara sebagai anak Tuhan, maka setiap orang di sekitar saudara akan tertarik melihatnya dan pada akhirnya dapat memberikan dampak kepada suatu perubahan masyarakat secara luas. Kiranya Tuhan menolong setiap saudara untuk mulai berfokus mengubah masyarakat, melalui pembaharuan dan perubahan diri.

M3 = Melakukan FT

1. Lakukan suatu perubahan yang nyata dalam hidup Anda; buatlah suatu evaluasiresolusi dan langkah-langkah nyata dan mulailah merealisasikannya dalam hidup Anda pada tahun ini.

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikanlah kebenaran ini dan ajaklah rekan-rekan komsel saudara untuk bersama-sama merealisasikan M3..

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga. Matius 5:16

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”