”Dorkas Tukang Jahit: Pemenang Jiwa”

Kisah Para Rasul 9:36-43

M1 = Menerima FT

1. Mohonlah kepada Tuhan agar kita diberikan hati seperti Dorkas, sehingga melalui kehidupan kita orang-orang di sekitar kita dapat mengalami berkat Tuhan dan memuliakan Tuhan.

M2 = Merenungkan FT

1. Apa yang dilakukan Dorkas selama hidupnya? (36b)

...............................................................................................

2. Bagaimana respon orang-orang pada saat Dorkas meninggal? (38-39)

...............................................................................................

3. Apa yang terjadi setelah Dorkas dibangkitkan? (42)

...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Rasul-rasul terus berupaya menyebarkan Injil dengan kuasa untuk menjadi saksi-saksi Tuhan seperti yang difirmankan oleh Tuhan Yesus sebelum Ia naik ke surga (Kis. 1:8). Salah satu dari kuasa itu adalah kuasa untuk melakukan mujizat. Salah satu mujizat yang dilakukan Petrus adalah menyembuhkan Eneas, seorang yang sudah 8 tahun menderita lumpuh di Lida (ay. 33). Petrus menyatakan bahwa penyembuhan itu merupakan karya Yesus (ay. 34). Kuasa Yesus bekerja di dalam diri Petrus, sehingga Petrus bisa melakukan penyembuhan. Melalui pelayanan Petrus, Eneas orang yang lumpuh itu kemudian segera bisa berdiri dan berjalan! Mujizat ini ternyata membuat heboh orang-orang di tempat itu. Dan mujizat yang menakjubkan itu membuat mereka kemudian menjadi percaya kepada Tuhan (ay.35), bahkan berita yang menghebohkan itu tersebar luas hingga ke Yope.

Sebagaimana Allah bekerja untuk menyatakan kemuliaan-Nya melalui Petrus untuk mengadakan kesembuhan (Kisah 9:33-35) dan membangkitkan orang mati (Kisah 9:40). Allah juga bekerja melalui Dorkas dengan perbuatan-perbuatan kebaikan hati dan kasih. Tindakan-tindakan kasih yang menolong mereka yang perlu bantuan adalah perwujudan karya Roh Kudus yang sama dengan tanda-tanda ajaib dan mujizat. Dan karena tindakan-tindakan kasihnya itulah, Dorkas terkenal sebagai orang yang berbudi baik karena suka menolong orang. Pada suatu kali, Dorkas mengalami sakit hingga ia mati. Tak heran bila banyak orang yang merasa kehilangan dia. Namun mujizat yang terjadi di Lida membangkitkan harapan orang-orang Yope. Mereka meyakini bahwa bila Petrus dapat menyembuhkan Eneas, maka ia pun dapat membangkitkan Tabitha dari kematiannya. Hal ini terlihat ketika mereka tidak menguburkan Tabitha, melainkan hanya memandikan dan meletakkan tubuhnya (ay. 37). Mereka segera mencari Petrus di Lida dan memintanya datang (ay. 38). Petrus yang datang kemudian berdoa kepada Yesus, sehingga Tabitha hidup kembali dari kematian (ay. 40-41). Mujizat ini merupakan bukti kuasa Yesus melalui saksi-saksi-Nya (Mat 10:8).

Kuasa untuk memberitakan Injil bukan hanya diberikan kepada murid-murid Yesus pada waktu itu. Kuasa itu juga diberikan kepada anak-anak-Nya pada masa kini, sehingga melalui sikap, perkataan dan perbuatan mereka yang baik, bisa memberkati orang lain dan memberitakan Injil yang nyata kepada sesamanya. Demikian juga dengan hidup saudara adalah Alkitab yang terbuka, yang bisa dilihat dan dibaca oleh semua orang. Masalahnya, apakah setiap orang bisa melihat dan menemukan Injil yang hidup dan benar itu melalui kehidupan saudara?

M3 = Melakukan FT

1. Pikirkan dan lakukanlah satu tindakan kasih kepada tetangga, rekan kerja, pembantu, atau langganan saudara hari ini sebagai suatu usaha pemberitaan Injil yang nyata kepada mereka!

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikan tantangan dan sukacita yang didapatkan ketika saudara menyampaikan Injil yang nyata ini, kepada keluarga, teman komsel atau sahabat rohanimu!

”Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau,dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” Kejadian 12:3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”