Tujuan dan Pendekatan Bisnis Kerajaan Allah

Yohanes 11:1-44

Lazarus:

1. Maria dan Marta adalah seorang yang dekat dengan Tuhan (ay.11-16; ay.21,32). Namun melalui peristiwa dari kisah Martha yang kesal atas sikap dari Maria (dalam perikop yang lain –Luk 10:38-42), maka kita hanya dapat belajar suatu yang luar biasa, yaitu kedekatan seseorang pada Tuhan Yesus, tak menjamin ia mengerti HATI Yesus. Dalam peristiwa juga makin terlihat kedekatan mereka, tak berbanding lurus dengan pengertian akan maksud Tuhan. buktinya waktu yesus bilang lazarus akan bangkit.... mereka belum percaya.

o Seharusnya kedekatan dengan Tuhan akan menghasilkan hidup yang indah. Ilustrasi: keluarga pak Ishak,yang setiap hari selalu sumbang tanah urukan ke SKKK Jap.

o Ada waktu kita berdoa dan ada waktu kita untuk bertindak.

2. Singkirkan batu itu (ay.39).... Mereka percaya dan menjadi murid Tuhan Yesus TETAPI tak percaya akan janjinya. Tak sedikit anak-anak Tuhan terhalang oleh batu yang tak tampak. Di hati kita ada batu, sehingga tak pernah akan melihat mijijat. Jika tak menggulingkan batu itu, mana mungkin Lazarus bangkit, mana mungkin mereka akan menikmati mujizat?

* Ada suatu yang menarik dalam Ibrani 11:32. mengapa Simson seorang nazar Allah, yang gagal hidupnya, yang menjaga kekudusan dengan Tuhan, yang menyerahkan hidupnya kepada perempuan sundal, yang menganggap remeh anugerah Allah, TETAPI dimasukkan dalam kelompok orang-orang yang beriman?

* Alkitab memaparkan dalam masa akhir hidupnya, si Simson dalam Ps. 16:41 ” Berserulah Simson kepada TUHAN (Allah yang kudus, Allah yang akbar – Yahweh), katanya: "Ya Tuhan (adonai – Tua penguasa) ALLAH (Allah pencipta), ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin."

* (ay.21,32 – mereka masih MATI) Dahulu, ketika matanya masih bisa melihat, hatinya Buta akan kuasa Tuhan Allah (terbiasa mempermainkan kuasa Allah, tak serius bahwa janji Allah itu benar dan amin – sebagai nazir Allah); namun sekarang dalam keterBUTAan mata JASMANI, Mata Hati-nya dengan jelas melihat siapa ALLAH.

* Mohon Tuhan melepaskan kain kapan, yang membelenggu hidup kita (ay. 44)

3. Kemuliaan Allah akan terlihat oleh mata kita (ay.4,40) ketika mau belajar taat.

* Mental semut: Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

* Alm. Ci Mie Ay

* Giacinto Facchetti: Emas, logam mulia, berbunyi lembut. Sebaliknya, Kaleng, selalu berisik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”