“Hidup Dengan Keinginan Untuk belajar”

Efesus 4:11-15

M1 = Menerima FT

1. Berdoalah supaya saudara tetap memiliki keinginan untuk belajar Firman Tuhan, seperti anak-anak yang ingin mengetahui segala hal lebih banyak lagi.

M2 = Merenungkan FT

1. Untuk apa Tuhan memberikan para rasul, nabi, pemberita Injil, gembala dan pengajar? (12-13)

...............................................................................................

...............................................................................................

2. Apa yang akan terjadi kepada orang-orang yang menerima pengajaran itu? (14)

...............................................................................................

3. Akan bertumbuh ke mana orang yang berpegang kepada kebenaran? ...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Perikop ini merupakan sesuatu yang menarik karena memberikan kepada kita gambaran tentang organisasi dan administrasi dari gereja Purba. Dalam gereja Purba terdapat tiga jenis pengemban tugas. Ada pengemban tugas yang wewenang dan wibawanya menyangkut seluruh pelayanan Gereja. Ada yang pelayanannya tidak terbatas di satu tempat saja dan ada yang terbatas pada satu jemaat saja. Ada para rasul yang mempunyai wewenang di seluruh gereja, para nabi, yang memberitakan kehendak Allah dan bukan meramalkan masa depan. Ada para evangelis, sebagai tenaga gerejawi yang berstatus sebagai penyebar-penyebar Injil dan bertugas menyampaikan berita sukacita ke tempat yang belum pernah mendengarnya. Dan ada pula pendeta dan pengajar. Mereka tidak mengembara, tetapi tetap tinggal dalam tugasnya di tengah-tengah jemaat. Mereka ini bertugas untuk memperlengkapi setiap warga jemaat secara penuh.

Bukan kebetulan apabila di dalam gereja tersebut dibuat sistem pelayanan seperti itu. Salah satu alasan adalah karena para anggota jemaat pada waktu itu berasal langsung dari golongan non-Kristen. Kebanyakan dari mereka tidak tahu apa-apa mengenai agama Kristen. Maka adalah tugas para pengajar itu untuk menanamkan iman Kristen pada mereka dengan jalan menerangkan dasar-dasar iman Kristen itu. Tujuan mereka dengan tugas itu ialah agar pelayanan Gereja dapat berjalan terus dengan baik.

Di setiap Gereja ada beberapa warga jemaat yang perlu dilindungi dan dijaga. Ada jemaat yang masih bertingkah laku seperti kanak-kanak; ada jemaat yang dikuasai oleh hasrat akan hal-hal yang baru serta gaya hidup beragama secara mutakhir. Ada pula warga jemaat yang terpikat oleh godaan-godaan duniawi yang menyusup dalam gereja. Satu-satunya cara untuk menangkis godaan gaya baru dalam kehidupan beragama, serta untuk menangkis bujuk rayu orang-orang cerdik yang memikat jemaat Tuhan adalah dengan bertumbuh terus di dalam Kristus.

Di ayat 14 ini jemaat ditantang dengan ujian-ujian tertentu untuk peningkatan kedewasaan. Yang pertama agar mereka tidak kekanak-kanakan lagi, dan tidak sesat dalam ajaran palsu yang dilancarkan oleh pemimpin-pemimpin penyesat. Untuk itu, perlu bagi jemaat Tuhan belajar dan terus belajar dari para pemimpin rohani yang melayani di gerejanya, agar mereka semakin hari semakin kuat di dalam Tuhan dan siap menghadapi segala macam godaan dan tantangan yang datang dalam hidupnya.

M3 = Melakukan FT

1. Mulailah menuntut diri untuk selalu mau belajar mengenal firman Tuhan, agar saudara mampu menghadapi setiap tantangan dan godaan yang datang dalam hidup saudara.

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikan pengalaman dan berkat yang saudara dapatkan akibat yang saudara dapatkan karena rajin atau malas belajar firman Tuhan.

“...barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini,

dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.” Matius 18:4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”