“Keindahan Dari Sebuah Kesaksian”

Roma 10:13-15

M1 = Menerima FT

1. Berdoalah agar Tuhan memberikan kesempatan kepada saudara untuk merasakan indahnya bersaksi, sehingga saudara terus dengan antusias dan rindu untuk bersaksi.

M2 = Merenungkan FT

1. Bagaimana seseorang bisa mengalami keselamatan? (13)

...............................................................................................

2. Bagaimana cara seseorang dapat percaya kepada Tuhan? (14-15a)

...............................................................................................

...............................................................................................

3. Apa pendapat Paulus mengenai mereka yang memberitakan Injil? (15b) ...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Surat Roma adalah sebuah surat yang sarat dengan berbagai pengajaran dasar-dasar kekristenan. Salah satunya, yaitu pengajaran keselamatan. Sebuah kerinduan Paulus agar banyak orang Yahudi boleh mengalami keselamatan di dalam Yesus Kristus (ay.1) dan bukan melalui pengamalan rutinitas keagamaan belaka (ay.2-3). Paulus melihat bahwa keantuasiasan dalam menjalankan agama secara lahiriah tak berdampak apa-apa bagi keselamatan mereka. Paulus melihat ketaatan dan kesalehan mereka adalah sia-sia. Mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran bagi diri sendiri.

Hal itulah yang menyebabkan Paulus merasa sedih dan rindu mereka dapat diselamatkan. Kegelisahan, kesedihan dan kerinduan itu bercampur aduk dalam hatinya, sehingga dia berniat untuk membagikan kabar baik, dan memberitahukan bahwa keselamatan didapat hanya melalui iman. Kegelisahan makin bertambah ketika, Paulus menyadari bahwa kesempatan untuk memberitakan Injil di daerah Roma masih belum datang, oleh karena itulah, ia mendorong jemaat di kota Roma untuk bersaksi.

Paulus sangat rindu agar banyak orang boleh diselamatkan oleh kuasa salib Yesus Kristus, namun bagaimana mereka bisa mendengar Injil keselamatan dari Yesus Kristus, jika tiada seorang yang mau bersaksi atau memberitakannya. Oleh sebab itu, rasul Paulus menyampaikan dalam ayat 14: “Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?”

Artinya setiap orang yang sudah mengenal jalan itulah yang harus bersaksi. Bukankah suatu keindahan ketika saudara tahu sesuatu yang benar lalu memberitahukan kebenaran itu sehingga mereka yang tidak tahu menjadi tahu? Bukankah suatu sukacita jika akhirnya mereka yang tersesat dapat dibawa kepada jalan kebenaran. Dan itulah keindahan dari sebuah kesaksian dari seseorang, seperti dikatakan rasul Paulus “Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!" Sekarang, adakah saudara merasakan keindahan itu dan rindu menikmati keindahan dari pengaruh kesaksian yang saudara sampaikan kepada setiap orang? Jika saudara rindu untuk menikmati hal itu, maka lakukan saat ini juga dan jangan tunda untuk bersaksi!

M3 = Melakukan FT

1. Buatlah sebuah kesaksian, bagaimana kehidupan saudara sebelum mengenal Kristus? Keadaan apa yang membuat saudara menerima Kristus dan bagaimana saudara sesudah mengenal Kristus?

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikanlah pengalaman apa yang membuat saudara bisa bertahan dalam komunitas saudara sampai saat ini.

““Kamu akan menerima KUASA, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu,

dan kamu akan menjadi SAKSI-Ku ... Sampai ke ujung bumi.” Kisah Para Rasul 1:8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”