PERAN MUSIK DALAM PENYEMBAHAN

Musik merupakan bagian yang sangat penting dalam ibadah Kristen, baik dalam ibadah pribadi atau ibadah bersama (dalam kebaktian). Bapa gereja dan reformator, Marthin Luther (1483-1546) memasukkan musik sebagai bagian yang sangat penting dalam ibadah, yang mana ia memasukkan nyanyian ‘chorale’ (Nyanyian bersama jemaat yang melibatkan semua jenis suara). Bagi Martin Luther ‘chorale’ ini merupakan gambaran Kitab Suci yang sangat efektif. Sedangkan William Easum, seorang anggota United Methodist, Amerika mengatakan bahwa musik menyita hampir 40 persen waktu dari sebuah penyembahan di Gereja. M. Luther menyebutkan bahwa buku nyanyian yang dipergunakan dalam ibadah sebagai “Alkitab dalam bentuk kecil” yang senantiasa menemani ibadahnya. Dia mengatakan kapanpun ia mendengar berita yang membuat orang putus asa, ia akan berkata kepada keluarganya atau teman-temannya, “Mari kita nyanyikan Mazmur 46”. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, “Orang yang meremehkan musik adalah orang-orang yang sungguh menyedihkan.” Ini menunjukkan bahwa musik: alat musik (piano, gitar, drum, seruling, Flute, saxophone,dll), bentuk pujian/musik (paduan suara, vokal group, solo, duo, dll.), gaya musik atau ekspresi musik (Hymne, klasik, pop rock, dangdut, keroncong, dll) dalam penyembahan umat Kristen tidaklah dapat diabaikan begitu saja.

Dalam Kisah Para Rasul 16:19 dst mengisahkan pemenjaraan Paulus dan Silas, yang oleh karena pemberitaan Injil yang mereka lakukan di daerah Filipi. Dan akibat penginjilan mereka, maka banyak orang bertobat sehingga ada sebagian penduduk yang merasakan dirugikan secara ekonomi, oleh karena imannya kepada Tuhan Yesus (ay.19). Walau pun mereka secara fisik dipenjara, namun hati dan roh mereka bisa dengan bebas memuji dan menyembah kepada Allah. Ketika mereka memuji Tuhan dengan sukacita (walau pun masalah masih di depan mereka) maka dampak yang terjadi sungguh luar biasa sekali.

Melalui PELITA edisi nomor 107 ini, saudara dapat belajar dan memahami lebih dalam lagi betapa pentingnya musik dalam penyembahan atau ibadah yang dilakukan umat Tuhan. Selain musik sebagai sarana yang sangat baik untuk mengekspresikan pujian penyembahan kepada Allah, musik juga dapat mengungkapkan rasa syukur kepada anugerah pemeliharaan Allah. Musik bisa juga menjadi sarana atau media yang sangat efektif untuk merasakan pemulihan demi pemulihan dari Allah Bapa. Kiranya hal-hal itu saudara alami selama penyembahanmu dalam minggu ini.
Dari Meja Gembala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”