“Filosofi Dari Media”

Kolose 2:8-15

M1 = Menerima FT

1. Berdoalah agar Tuhan memberikan hikmat untuk dapat memilih media mana yang baik dan membangun dan media mana yang tidak sehingga saudara merasakan manfaat suatu media.

M2 = Merenungkan FT

1. Apakah yang penulis maksud dengan “filsafat yang kosong dan palsu”? (8)

...............................................................................................

...............................................................................................

2. Mengapa penulis mau mengingatkan saudara untuk berhati-hati dengan filsafat yang kosong dan palsu? (9-10)

...............................................................................................

3. Sebutkan setidaknya 4 hal yang menunjukkan bahwa saudara penuh di dalam Kristus? (11-15)

...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Dalam surat Kolose ini, rasul Paulus menuliskan ajarannya mengenai keunggulan Kristus. Kristus yang harus ditonjolkan dalam penciptaan, penebusan, gereja dan bahkan kehidupan pribadi. Pengajaran ini Paulus tuliskan untuk meneguhkan jemaat supaya mereka sungguh-sungguh di dalam iman kepada Kristus. Penduduk Kolose terdiri atas orang-orang Frigia (1:27), yang berlatar belakang religius yang sangat emosional dan mistis. Bila ada guru-guru yang datang kepada mereka dengan suatu filsafat yang menjanjikan suatu pengetahuan kebatinan tentang Tuhan, mereka mudah terpikat olehnya. Salah satu ajarannya adalah merendahkan diri, mungkin dengan cara-cara bertapa (2:18, 20-21), ibadah kepada malaikat (2:18), berpantang makan dan minum sesuatu dan peraturan tentang hari-hari raya tertentu serta hari-hari yang dikeramatkan (2:16). Namun Paulus menunjukkan bahwa semua filsafat, kuasa roh, upacara dan larangan-larangan tidak ada artinya dibandingkan dengan keunggulan Kristus. Kristus harus lebih utama dari apapun juga.

Hari ini penduduk dunia pun sedang dicekoki oleh filsafat-filsafat kosong dari media yang menguasai kehidupan manusia. Gaya hidup serba praktis atau serba instan, konsumerisme, dan hedonisme sangat mewarnai isi dari berita atau info yang disampaikan oleh media. Gempuran media yang sangat kuat membuat setiap orang HARUS tunduk dan terpengaruh oleh “ajarannya” yang dipenuhi oleh filsafat kosongnya. Kesemuanya itu bertujuan untuk menggeser keunggulan Kristus dari kehidupan orang percaya! Karena itu pilihlah program-program yang membangun kehidupan saudara atau anggota keluarga saudara sebagai orang percaya. Jangan saudara malah dipengaruhi oleh media, atau merasa sayang kalaumelewatkan suatu acara dari sebuah media. Padahal pada akhirnya tidak sedikit program dari media (TV, Internet, Game, dll) menjadikan keluarga-keluarga Kristen semakin serupa dengan dunia ini! Hikmat yang benar bukanlah filsafat buatan manusia, melainkan “rahasia” Allah dalam Kristus yang berdiam di semua manusia yang menerimanya (1:27) tanpa membedakan manusia (3:10). Mohon Tuhan senantiasa memberikan saudara landasan yang kokoh di dalam kebenaran firman Tuhan.

M3 = Melakukan FT

1. Setelah menerima dan merenungkan firman hari ini, bertekadlah meninggalkan program media yang tidak mendidik, gantilah dengan yang bermanfaat bagi kerohanian keluarga!.

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikan pengalaman saudara ketika media televisi atau internet atau Game sangat mempengaruhi hidup dan cara berpikir atau kehidupan saudara.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Amsal 22:6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”