“Menatap Dan Melangkah Ke Depan”

Filipi 3:12-16

M1 = Menerima FT

1. Mintalah kekuatan kepada Tuhan agar dalam menyambut tahun yang baru, saudara diberikan hikmat dan kekuatan untuk tetap melangkah maju ke depan dalam menjalani hidup ini.

M2 = Merenungkan FT

1. Apa alasan utama Paulus untuk lebih mengenal Kristus dalam hidupnya? (12)

.................................................................................................................

.................................................................................................................

2. Apa komitmen Paulus dalam menjalani panggilannya? (13-14)

.................................................................................................................

.................................................................................................................

3. Apa nasihat Paulus kepada jemaat di Filipi? (15-16)

...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Rupanya di Filipi ada sebagian orang yang menganggap telah mencapai tujuan pemyempurnaan Kristiani. Paulus tiada pernah menganggap diri sudah “mencapai tujuan.” Untuk sampai pada tujuan, ia harus mengejarnya. Kristus telah menangkapnya, oleh karena itu ia harus berjuang untuk menangkap apa yang menjadi tujuan Tuhan bagi dirinya pribadi. Paulus sedang berbicara tentang hasrat rohaninya, yaitu pengenalan akan Allah (lih. ayat 10). Dia mendambakan agar jemaat juga memiliki hasrat yang sama dalam pemikirannya. Ia percaya bahwa tidak akan ada jalan mundur dari apa yang sudah dicapai, baik dalam diri jemaat maupun dalam dirinya sendiri. Paulus melupakan segala yang ada di belakangnya, (maksudnya adalah kehidupan-kehidupan yang lama) dan terus melangkah maju untuk mengejar kebenaran yang sejati di dalam Kristus.

Ini adalah sebuah perjalanan tiada akhir dari seorang yang ingin mengikut Kristus, karena semua ini bermuara pada pengenalan Kristus yang sempurna. Oleh karena itu, bisa dikatakan semuanya akan berakhir sampai Kristus datang kembali dan bertemu muka dengan muka di dalam kekudusan-Nya. Tentu saja, tekad dan komitmen Paulus ini terus menjadi pergumulan hidupnya, di dalam ia menjalani panggilan-Nya sebagai murid Kristus. Ini bukanlah hal yang mudah, akan tetapi Paulus sudah membuktikannya di dalam perjalanan imannya sampai akhir hidupnya. Dia tetap melayani Tuhan sampai maut menjemputnya (band. Wahyu 2:10b).

Pergantian tahun sudah di depan mata saat ini, apa tekad dan komitmen saudara di tahun yang baru. Apa pun bentuk target yang hendak dicapai dalam hidup ini, semuanya harus berfokus pada pengenalan akan Kristus. Artinya, apa pun yang saudara lakukan, Kristus harus menjadi fokus utama atau tujuan akhir hidup saudara. Nama-Nya harus dipermuliakan di dalam setiap hal yang dilakukan. Bagi yang sudah mengaku percaya kepada-Nya, hidup saudara harus terus menatap ke depan dan terus melangkah maju. Inilah yang Tuhan kehendaki di dalam hidup setiap anak-anak-Nya. Di dalam menjalani proses ini, saudara akan menghadapi banyak tantangan, tetapi saudara harus yakin bahwa Tuhan akan senantiasa menyertai kehidupan yang saudara jalani. Mata saudara harus tetap tertuju kepada Dia, yang telah menganugerahkan tahun yang baru kepada saudara dan seisi anggota keluarga. Dia yang akan terus menyertai kehidupan saudara. Dan jangan pernah kuatir, karena Dia yang akan selalu menjaga dan melindungi langkah-langkah yang jalani sampai maut menjemput saudara.

M3 = Melakukan FT

1. Buatlah evaluasi tentang hal apa saja yang belum dicapai tahun ini, dan buatlah komitmen langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapainya di tahun depan dan juga untuk meningkatkan apa yang sudah dicapai di tahun ini untuk dicapai di tahun depan!

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikan berkat firman Tuhan ini kepada rekan-rekan saudara!

“Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya”Ulangan 7:9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”