"Penyambutan Kedatangan-Nya Kembali"

Wahyu 22:12-17

M1 = Menerima FT

1. Mintalah terus kekuatan dari Tuhan agar saudara dipersiapkan untuk merayakan hari kelahiran-Nya dan setia bertahan sampai akhir dalam menyambut kedatangan-Nya kembali.

M2 = Merenungkan FT

1. Siapakah Kristus yang dinyatakan di sini? (13)

...................................................................................................................

2. Apa yang akan terjadi pada mereka yang “membasuh jubahnya”? (14)

.................................................................................................................

.................................................................................................................

3. Apa tugas dari malaikat yang diutus Tuhan? (16)

...............................................................................................

...............................................................................................

PENGAJARAN

Kitab Wahyu merupakan sebuah “peringatan” kepada umat Tuhan tentang kedatangan-Nya kembali. Ini dipertegas dengan pernyataan “Sesungguhnya Aku segera datang!” Ungkapan ini dipakai sebanyak 5 X (Wahyu 2:16; 3:11; 22:7, 12, 20). Ini menyatakan suatu pengharapan bagi setiap orang menyambut-Nya dan sekaligus penghukuman bagi yang menolak-Nya. Tidak seperti kedatangan Yesus pertama sebagai Penebus, dengan menjadi bayi yang tidak berdaya. Kristus akan datang kembali sebagai Hakim dan Raja, yang akan mengadili seluruh perbuatan manusia. Ia adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir. Ia adalah Tunas Daud, yang menyatakan sifat keilahian-Nya, kekekalan dan sumber-Nya, serta sifat pemerintahan-Nya yang kekal. Dan Ia adalah sang Bintang Timur yang gilang gemilang, sehingga selurh bumi akan dapat melihat siapakah Yesus sesungguhnya.

Masa kedatangan Yesus pertama melalui peristiwa Natal hingga kedatangan Yesus kembali adalah masa kesempatan bagi siapa pun untuk mengenal Allah yang Esa dan Benar. Ia masih memberikan tuntunan pada umat manusia yang berjalan dalam kegelapan itu kembali ke arah terang. Ia juga memberikan asa abadi bagi jemaat dan orang-orang kudus yang sedang menderita. Kedatangan-Nya akan segera datang. Masa sela / masa antara ini adalah masa anugerah agar manusia yang bergelimang dalam dosa sadar dan kembali mempersiapkan diri dengan bertobat dan memiliki hidup dalam kebenaran firman-Nya dan hidup yang berkemenangan.

Kristus adalah fokus utama perayaan Natal. Natal bukan sekedar aktifitas seremonial belaka atau waktu untuk berbuat kejahatan, namun menjadi suatu ajang untuk memperbahurui hidup dan tekad saudara. Perayaan Natal hendaknya sebagai kesempatan untuk mengenal Kristus Yesus lebih dalam. Dialah Kristus, sang Raja, yang kelahiran-Nya membawa terang bagi dunia ini. Oleh karena itu, dalam setiap merayakan Natal, saudara harus memiliki pengenalan semakin baik dan benar tentang Dia. Sehingga Dia tidak hanya dilihat sebagai seorang bayi yang lahir di kandang, tetapi Dia adalah Raja di atas segala raja, Juruselamat umat manusia. Dia datang untuk menebus dosa manusia, oleh sebab itu Natal juga mengingatkan saudara untuk mengabarkan Injil atau berita ini kepada keluarga saudara yang belum percaya atau masih menolak ke-Raja-an Yesus Kristus. Sebab setelah kedatangan Yesus kembali, kesempatan untuk mengalami pengampunan dari Yesus sudah tertutup. Jadi sebelum pintu tertutup, segeralah beritakanlah kasih anugerah Yesus.

M3 = Melakukan FT

1. Berilah ucapan selamat hari Natal kepada setiap orang di sekitar saudara! Dan beritakan Injil kepada siapa saja yang belum menerima keselamatan di dalam Kristus. Jadikan momen Natal ini untuk saudara membawa “jiwa baru” kepada Tuhan!

.....................................................................................

M4 = Membagikan FT

1. Bagikan berkat firman Tuhan hari ini kepada saudara, rekan saudara dan anggota-anggota keluarga saudara.

“Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka...lalu sujud menyembah Dia”

Matius 2:10-11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”