“Mengenali Kondisi Sekitarmu”

1 Korintus 9:19-27

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan agar melalui Firman Tuhan hari ini saudara dapat semakin dimampukan untuk dapat mengenali kondisi sekitar saudara dan menjadi orang kristen yang menular!

M2 = Merenungkan FT

1. Bagaimanakah cara hidup Paulus untuk memenangkan orang-orang yang belum mengenal Kristus? (19-22)

...................................................................................................

...................................................................................................

2. Mengapakah Paulus melakukan semua itu? (23)

...................................................................................................

3. Apa gambaran Paulus tentang kehidupan pengikut Kristus? (24-25)

...................................................................................................

...................................................................................................

PENGAJARAN

Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak saling mengenal orang-orang yang ada di sekitarnya, bahkan yang tinggal bertetangga sekalipun atau mereka yang bekerja di satu tempat pekerjaan. Seakan-akan setiap orang mempunyai “dunianya sendiri” dan tidak mau tahu menahu dengan apa yang sedang terjadi di sekitar mereka. Padahal salah satu sifat manusia adalah sebagai makhluk sosial, yaitu yang keberadaannya selalu berhubungan dan bergantung dengan orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk hidup bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Dalam melakukan tugas pemberitaan Injil, Paulus mengenal orang-orang dan kondisi apa yang terjadi di sekitarnya. Dan Paulus hidup seperti keadaan mereka, sebagai contoh bagi orang yang hidup di bawah hukum Taurat, Paulus hidup seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, meskipun ia tidak hidup dan melakukan hukum Taurat itu. Hal ini menunjukkan bahwa Paulus juga tetap memiliki prinsip dan tidak terikut dengan kondisi yang ada di sekelilingnya. Semua itu dilakukannya dengan satu tujuan, yaitu agar semakin banyak orang yang dimenangkan bagi Kristus. Selain itu, Paulus juga memberikan gambaran tentang kehidupan sebagai anak Tuhan seperti masuk dalam suatu arena pertandingan, yang mana setiap orang harus berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan pertandingan dan mendapatkan mahkota kemenangan. Tentunya, untuk mencapai semuanya itu dibutuhkan strategi dan tidak sembarangan dalam bertindak. Dan pada akhirnya, yang dibutuhkan adalah pengendalian diri dan kesaksian dari apa yang diberitakan, agar melalui kehidupannya Injil Tuhan tidak ditolak. Paulus berusaha semaksimal mungkin untuk memberitakan Injil kepada mereka, karena Paulus mengenal secara persis inilah yang menjadi kebutuhan mereka., yaitu keselamatan di dalam Kristus.

Bagaimana dengan kehidupan saudara, adakah saudara mengenal kondisi apa yang sedang terjadi di sekitar saudara? Sebagai anak Tuhan yang rindu untuk menjadi berkat bagi orang lain, diperlukan kepekaan dan kasih untuk membuka mata dan melihat kondisi sekeliling saudara. Kalau saudara belum mengenali kondisi yang ada di sekitarmu, marilah mencoba untuk melihat keadaan orang-orang yang ada di sekitar saudara, cobalah untuk mengenal mereka dan apa yang menjadi kebutuhannya, serta bantulah mereka. Dengan berbuat demikian tentu saja saudara telah belajar untuk menjadi orang kristen yang menular dan menjadi berkat bagi orang lain, serta Injil Tuhan dapat diberitakan melalui kehidupan saudara. Yang pada akhirnya, nama Tuhan Yesus makin dimuliakan oleh kehidupan menular saudara.

M3 = Melakukan FT

Temukan pendekatan sesuai dengan diri saudara atau teman-teman saudara dalam melakukan pendekatan kepada mereka! Belajarlah dari kesalahan dan ubahlah cara pendekatan dari kesalahan itu. Doakan dan buatlah strategi!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada teman-teman saudara supaya mereka dapat mengetahui cara menularkan kehidupan kristiani mereka dengan bersedia menjadi alat-Nya.

“Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.”

1 Korintus 9:23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”