“Bangkit Dari Kelambanan Hati”

Lukas 24:15-32

M1 = Menerima FT

Berdoalah agar saudara senantiasa diberikan hati yang senantiasa berkobar-kobar ketika mengikuti Tuhan didalam segala situasi.

M2 = Merenungkan FT

1. Apakah yang sedang dipercakapkan Kleopas dan murid yang lain sehingga mereka tidak dapat mengenali Tuhan Yesus yang hadir? (15-20)

….......................................................................................

2. Apakah yang mereka harapkan semula dari Yesus? (21) Berita apakah yang telah mengejutkan Kleopas dan para murid? (22-24)

….......................................................................................

….......................................................................................

3. Perkataan apa yang Yesus katakan ketika mereka masih terus bersedih? (25) Tindakan apa yang Yesus lakukan ketika makan dengan mereka? (30-32)

….......................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Temperamen atau karakter seseorang acapkali menentukan aksi atau tindakan seseorang. Namun tidak jarang hal itu tidak selalu benar juga. Sebab kadang seorang yang ceria, sangat humoris tiba-tiba bisa berubah menjadi seorang yang lamban, pendiam atau linglung ketika orang sedang dirundung masalah atau mengalami persoalan hidup yang berat. Dan kasus itu juga yang sedang dihadapi oleh para murid Yesus.

Perjalanan 11 kilometer dari Yerusalem menuju Emaus mungkin menjadi perjalanan terpanjang yang dijalani oleh Kleopas dan murid Yesus lainnya, karena sepanjang perjalanan itu mereka sedang asyik membicarakan hal yang baru saja terjadi yaitu penyaliban yang baru dialami oleh Yesus dari Nazaret, guru mereka. Harapan mereka agar Yesus menjadi pembebas bangsa Israel dari cengkeraman penjajah Romawi ternyata musnah seiring kematian yang sangat tragis dari Tuhan Yesus, Pemimpin mereka. Kematian Yesus membuat hati mereka diliputi kedukaan yang sangat dalam. Kedukaan yang di rasakan juga telah menutupi mati hati Kleopas dan murid yang lain akan kehadiran Yesus di tengah-tengah mereka. Jadi dalam perjalanan yang mereka pikirkan adalah mengapa Allah membiarkan atau tidak menolong dan menyelamatkan Yesus dari hukuman dan kematian di atas kayu salib? Keraguan akan karya Allah juga telah membawa Kleopas dan murid yang lain kepada suatu kondisi kelambanan hati. Namun Yesus tidak membiarkan murid-murid-Nya terus berada dalam kelambanan hati, lalu mendatangi mereka dalam perjalanan menuju Emaus (ayat 15). Dalam perjalanan itu, Yesus kembali mengulangi ajaran firman Tuhan dengan cara pandang yang baru dan lebih dalam (ayat 25-27). Apa yang Yesus lakukan ternyata membuka mata rohani Kleopas dan murid lainnya, yang selama ini tertutup dengan kedukaan yang sangat dalam. Perjumpaan mereka dengan Yesus menghasilkan suatu perubahan hati dan sikap, yaitu hati menjadi terbuka dan berkobar-kobar dengan luar biasa. Semula muka mereka berwajah muram penuh kesedihan, tetapi kini wajah mereka diliputi oleh perasaan sukacita yang luar biasa saat mereka kembali dari Emaus ke Yerusalem (ayat 32-35).

Saudara, Tuhan Yesus telah bangkit dan mengalahkan maut namun apakah hal yang telah dilakukan oleh-Nya telah mendorong saudara untuk masuk dalam kehidupan rohani yang bersemangat ataukah selama ini kehidupan rohani saudara hanya diisi suatu rutinitas belaka dan terkesan lamban? Marilah pada moment Paskah ini, saudara kembali memandang kepada Kristus yang sudah bangkit dan merindukan agar saudara memiliki kerohanian yang hidup dan berkobar-kobar seperti Kleopas dan murid lainnya yang kembali dibangun dari kelambanan hati.

M3 = Melakukan FT

Lakukanlah dalam seminggu ini, suatu tindakan yang memberi semangat pada seseorang agar mereka dapat merasakan makna kebangkitan-Nya dalam hidup rohani mereka (catat nama mereka dan doakan lalu dekati mereka!)

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat yang saudara terima dari firman Tuhan hari ini kepada teman komsel dan sahabat rohani saudara. Mintalah mereka untuk mendoakan dan mendukung saudara dalam melakukan tekad saudara!

“supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. " Filipi 3:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”