“Bangkit Kembali Pada Tujuan Semula”

Yohanes 21:3-12

M1 = Menerima FT

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini kembali mengingatkan dan meneguhkan panggilan Tuhan dalam hidup saudara.

M2 = Merenungkan FT

1. Apakah yang dilakukan Petrus setelah Yesus disalibkan? (3)

..........................................................................................

2. Kesebelah manakah Yesus meminta para murid agar menebarkan jalanya? Berapa banyak ikan yang didapat oleh mereka ketika mereka taat? (6,11)

..........................................................................................

3. Siapakah murid yang berkata:"Aku pergi menangkap ikan" dan langsung terjun ke dalam danau setelah mendengar seruan " Itu Tuhan"? (3,7)

..........................................................................................

4. Ajakan apakah yang dinyatakan Yesus kepada para murid? Dan mengapa para murid tidak berani bertanya kepada-Nya: "Siapakah Engkau?" (12)

….......................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Dalam perjalanan hidup, tidak sedikit masalah yang sangat sulit dan berat dapat menyimpangkan seseorang dari tujuan semula yang ingin ditujunya. Bisa jadi, masalah itu karena kehilangan pemimpin yang selalu mengarahkan hidup sehari-harinya. Mengapa demikian? Mungkin saja dia tidak mau mengambil resiko yang terlalu besar dan merugikan dirinya. Akibatnya, dia kehilangan motivasi untuk meneruskan fokus hidupnya.

Ternyata, itulah yang terjadi pada diri Petrus, dan murid-murid Kristus yang lain. Rasa kehilangan yang dialami telah mendorong mereka untuk kembali kepada aktivitas yang awal yaitu menjadi penjala ikan atau menangkap ikan di laut. Petrus dan para murid masuk kepada suatu kondisi kehilangan motivasi. Mereka telah kehilangan kepercayaan diri mereka sendiri (merasa kalah atau gagal), terlebih secara khusus pada diri Petrus yang telah menyangkal 3 kali. Dalam kondisi seperti itu, mereka berusaha untuk menutupi segala hal yang mereka rasakan dengan berusaha kembali menangkap ikan. Tetapi usaha yang mereka lakukan ternyata tidak memberikan suatu penghiburan melainkan justru menghasilkan kekecewaan yang mendalam karena sepanjang malam berusaha tapi tidak ada hasil yang mereka peroleh (ayat 3). Namun Tuhan Yesus mengerti apa yang sedang dirasakan oleh mereka saat itu. Dia menampakkan diri kepada mereka dan mengajak para murid untuk makan dan bersekutu bersama adalah waktu yang sangat tepat sekali. Tindakan yang dilakukan Tuhan Yesus untuk mengingatkan kembali kepada Petrus dan para murid yang lain akan panggilan mula-mula atas mereka (band. Matius 4:18-22). Dengan kata lain Tuhan Yesus ingin agar para murid segera bangkit dan bangkit dari kegagalan mereka dan kembali kepada tujuan semula untuk menjadi menjadi penjala manusia. Mujizat ikan yang dijala bisa begitu banyak juga mengingatkan bahwa ketika mereka meninggalkan fokus hidup, maka apa pun yang dikerjakan tiada pernah menghasilkan sesuatu, namun ketika mereka hidup dalam panggilan-Nya selalu ada berkat, ada kedamaian dan ada sukacita.

Saudara, mungkin pada saat ini sedang merasakan kerugian, kegagalan atau masalah berat lainnya karena mengikuti Tuhan Yesus bahkan merasa sudah tak layak disebut sebagai murid Tuhan karena sering mengecewakan Dia. Biarlah kisah Petrus yang kembali kepada jalan panggilan-Nya dapat membangkitkan semangat atau motivasi saudara untuk kembali melihat kepada Dia dan sadar bahwa membelakangi Dia tidak akan pernah mengalami berkat berlimpah dan berkat yang memberikan sukacita dan kedamaian.

M3 = Melakukan FT

Lakukanlah dalam seminggu ini, suatu tindakan yang memberi semangat pada seseorang agar mereka dapat merasakan makna kebangkitan-Nya dalam hidup rohani mereka (catat nama mereka dan doakan lalu dekati mereka!)

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat yang saudara terima dari firman Tuhan hari ini kepada teman komsel dan sahabat rohani saudara. Mintalah mereka untuk mendoakan dan mendukung saudara dalam melakukan tekad saudara!

“supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. " Filipi 3:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”