“Bangkit Untuk Membangkitkan Orang”

Kisah 2:14-15; 37-40

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan, agar Ia menolong saudara makin mengerti dan mengalami kuasa Roh Kudus di dalam kehidupan pribadi saudara.

M2 = Merenungkan FT

1. Mengapa orang banyak menyangka mereka mabuk? (13,15)

..........................................................................................

2. Apakah yang dikatakan Petrus sehingga banyak orang bertobat? (37-38)

..........................................................................................

..........................................................................................

3. Seperti apakah Petrus menggambarkan zaman ini? (40)

….......................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Semenjak dosa masuk ke dalam dunia, kehidupan manusia hanya memiliki keinginan berbuat dosa dan dosa. Oleh sebab itu, tidaklah heran bahwa dunia ini dipastikan menjadi semakin bertambah rusak. Hari demi hari yang disiarkan saluran TV Swasta adalah berita kejahatan demi kejahatan. Kasus bunuh diri, pemerkosaan, pembunuhan, penculikan, perbuatan anarkis , dll. Belum lagi permasalahan ekonomi dan politik yang menunjukkan betapa politisi-politisi di negara ini masih sangat mementingkan mereka yang memiliki uang. Dosa bukan saja mengakibatkan banyaknya perbuatan jahat, menimbulkan masalah, namun juga menutup mata manusia untuk mau percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sudah susah di dunia, susah pula waktu meninggal nanti. Di saat-saat dunia menuju kehancurannya, adalah peran orang percaya untuk membawa mereka untuk percaya kepada Yesus. Sama seperti murid-murid yang telah bangkit dari segala ketakutan supaya dengan itu mereka dapat membangkitkan orang lain untuk percaya kepada Yesus.

Segera setelah para murid menerima Roh Kudus yang dijanjikan Tuhan pada mereka, maka mereka keluar dan memberitakan Injil dengan berbagai bahasa yang dapat dimengerti semua suku di Yerusalem. Tentu saja hal ini membuat banyak orang heran dan mulai menganggap bahwa mereka dikategorikan sedang mabuk. Setelah isu itu muncul dan didengar para murid, lalu Petrus bangkit berdiri dan menjelaskan ketidakmungkinan tuduhan mereka itu, karena saat itu masih pagi hari. Semua yang dikatakan para rasul atau semua yang telah didengar oleh orang banyak saat itu adalah benar dan para murid-murid dalam kesadaran penuh. Malah Petrus menjelaskan bahwa sesungguhnya angkatan ini adalah anggkatan jahat, oleh sebab itu ia meminta kepada banyak orang yang mendengarkan mereka untuk: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus”. Dan akhirnya sekitar 3000 orang bertobat dan menyerahkan diri untuk percaya kepada Yesus yang telah bangkit dari kematian.

Memang saudara tidak mungkin dapat menggerakkan orang lain untuk menjadi percaya pada Yesus, namun bagian yang harus saudara lakukan adalah memberitakan Injil kepada orang lain dan bagian dari Roh Kudus yang bekerja untuk menggerakkan hatinya. Saudara dapat memberitakan kasih Yesus dengan menceritakan pengalaman pertobatan yang telah saudara rasakan dan alami. Mungkin orang bisa menolak saat saudara mau menceritakan Injil kepada dia, namun tentu tidak, namun jika saudara mensharingkan pengalaman pribadi dan perubahan hidup yang sedang terjadi. Yang terakir dan paling mudah diterima orang, yaitu saudara melakukan perbuatan baik: Entahkah di rumah, di sekolah, di kampus, di tempat kerja dan di masyarakat. Mereka bisa menolak Injil yang saudara beritakan, namun tidak untuk perbuatan baik yang terus menerus saudara lakukan.

M3 = Melakukan FT

Lakukanlah dalam seminggu ini, suatu tindakan yang memberi semangat pada seseorang agar mereka dapat merasakan makna kebangkitan-Nya dalam hidup rohani mereka (catat nama mereka dan doakan lalu dekati mereka!)

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat yang saudara terima dari firman Tuhan hari ini kepada teman komsel dan sahabat rohani saudara. Mintalah mereka untuk mendoakan dan mendukung saudara dalam melakukan tekad saudara!

“supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. " Filipi 3:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”