“Menjadi Berkat Bagi Kemuliaan Tuhan”

Matius 25:34-40

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan agar perenungan firman Tuhan hari ini dapat mendorong saudara untuk dapat lebih dewasa lagi dalam mengelola harta yang Tuhan percayakan.

M2 = Merenungkan FT

1. Sebutkan 6 perbuatan kasih yang dilakukan oleh mereka yang di sebelah kanan Raja! (35-36)

..........................................................................................

2. Siapakah yang dimaksud “Raja” dalam bagian ini? (37)

..........................................................................................

..........................................................................................

3. Orang seperti apa yang disebut oleh Raja sebagai “saudara-Ku”? (40)

..........................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Memberikan perhatian, pertolongan, atau harta kepada orang yang hina, miskin, dan perlu pertolongan merupakan tindakan yang juga diperhatikan oleh Allah. Penghargaan dan hak masuk ke dalam kemuliaan diberikan Raja kepada mereka yang melakukan perbuatan baik, bukan karena motivasi untuk mendapatkan pahala. Bahkan mereka melakukan semua itu karena kasih tanpa pamrih. Mereka melakukan kepada orang-orang yang paling hina tanpa memikirkan untuk keuntungan atau kemuliaan diri. Akan tetapi mereka rela berkorban, rela berbagi harta, terbuka melihat kesulitan dan kekurangan orang lain, dan tidak berpusat pada kebutuhan sendiri tetapi diberi kepekaan terhadap kebutuhan yang lain. Hati dan sikap ini jelas tidak akan dimiliki mereka yang tidak mempunyai kasih Allah.

Tradisi Protestan mengajarkan bahwa keselamatan bukan karena perbuatan, tetapi karena iman kepada anugerah Allah. Hanya apabila orang menyambut Yesus dan karya penyelamatan-Nya, ia akan diselamatkan. Namun, bagian ini seolah mengajarkan hal berbeda. Semua orang kelak akan dihakimi atas dasar perbuatan baik mereka. Mereka yang memiliki perbuatan kasih nyata kepada sesama, masuk ke dalam kebahagiaan kekal (ayat 35-40). Sebaliknya mereka yang tidak berbuat kasih dibuang ke dalam siksaan kekal (ayat 41-46). Pada intinya, bagian ini mengingatkan bahwa janganlah sekali-kali orang percaya mengabaikan perbuatan nyata demi menekankan prinsip sola gratia (hanya karena anugerah). Namun, jangan juga cepat menyimpulkan bahwa keselamatan adalah hasil amal/perbuatan baik/usaha sendiri. Jadi ketika anak Tuhan melakukan ini, maka Allah yang di surga tidak akan diam melihat karya anak-anak-Nya. Terlebih orang-orang yang terbantu menjadi bersyukur dan memuji Tuhan Allah.

Penggambaran tentang apa yang akan terjadi kelak di hadapan takhta kemuliaan Raja hendaknya menjadi pelajaran yang perlu saudara camkan dan lakukan. Hendaklah perhatian, bantuan, dan pemberian saudara tidak hanya diarahkan kepada orang yang mampu membalas kebaikan atau uluran kasih saudara. Sebaliknya, arahkanlah itu semua justru kepada yang paling hina atau orang yang tersisih, kepada mereka yang tidak dapat membalas, kepada yang paling membutuhkan atau kepada mereka yang kelaparan. Itu pun harus saudara lakukan bukan untuk menumpuk pahala dalam Kerajaan Allah agar mendapatkan keselamatan, tetapi dalam ketulusan, kerendahan hati, dan tidak bermotivasi keuntungan atau kemuliaan diri. Periksalah! Motivasi apakah yang mendorong saudara berbuat baik kepada sesama selama ini? Kepada siapakah saudara biasanya memberikan bantuan dan pertolongan, yang bisa membalas kebaikan saudara ataukah kepada yang paling membutuhkan pertolongan tanpa dapat membalas jasa saudara?

M3 = Melakukan FT

Lakukanlah sebuah proyek kedisiplinan seminggu ini, yaitu membuat catatan pendapatan dan pengeluaran saudara. Setelah itu evaluasilah di akhir minggu, apakah saudara sudah dengan bijak menggunakan uang saudara?

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Sharingkan berkat firman Tuhan yang saudara dapatkan hari ini kepada saudara-saudara seiman dan juga teman-teman komsel sehingga semua keluarga Kristen dapat dengan bijak dalam mengatur keuangan yang dipercayakan Tuhan.

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Kejadian 12:2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”