“Tabah Dalam Ketidakberuntungan”

Kejadian 30:10-13

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan, agar Ia menolong saudara untuk tetap tabah dan sabar di tengah berbagai kesulitan hidup yang dialami.

M2 = Merenungkan FT

1. Siapakah yang melahirkan Gad dan Asyer bagi Yakub? (11,13)

..........................................................................................

2. Apakah arti nama dari “Gad”? (11)

..........................................................................................

3. Apakah arti nama dari “Asyer”? (13

..........................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Kata “ketidakberuntungan” kerapkali dipakai oleh kebanyakan orang untuk menjelaskan masalah atau problem hidup yang melanda didalam kehidupan seorang manusia. Mencerminkan adanya suatu masalah yang tidak diduga datang dengan tiba-tiba dari luar dan menyerang seseorang. Dan hal ini terjadi bukan diakibatkan kesalahan sendiri. Misalkan: Perusahaan memecatnya, padahal dirinya tidak memiliki kesalahan apa-apa, ditabrak oleh mobil atau sepeda motor dari samping padahal dia mengikuti rambu-rambu yang ada, dirinya dicopet padahal dia tidak menunjukkan apapun yang membuat pantas untuk dicopet, dsb. Kadang kala seseorang menyebutkan itu sebagai sebuah ketidakberuntungan. Namun apakah itu disebut ketidakberuntungan? Tentu saja tidak. Sebagai orang percaya saudara harus yakin bahwa orang percaya tidak mengalami suatu masalah yang datang dari luar diri hanya karena ketidakberuntungan, karena Allah mengijinkan semuanya itu terjadi untuk membentuk suatu karakter yang semakin serupa Kristus di dalam diri saudara. Di dalam perikop yang bacaan hari ini, saudara mendapati bagaimana Lea berada di dalam “ketidakberuntungan” namun dirinya tetap tabah.

Di dalam perikop yang menjadi bacaan hari ini, dua kali lagi Lea melahirkan anak bagi Yakub melalui budaknya, Zilpa. Gad yang berarti “mujur telah datang” dan Asyer yang berarti “aku ini berbahagia”. Kedua nama anak ini muncul dan diberikan Lea untuk menjelaskan perasaan hati dan pengalaman hidup dari penikahannya. Dengan tipuan dari ayahnya, Laban, Lea akhirnya diberikan kepada Yakub sebagai upah bekerja selama 7 tahun. Yakub memang tidak mencintai Lea, ia hanya mencintai Rahel, namun karena tipuan dari pamannya, Yakub terpaksa mengambil Lea menjadi istrinya. Dua penafsir menjelaskan dengan tepat bahwa Lea bukannya tidak cantik, hanya matanya kurang bersinar. Dan ada kemungkinan Yakub tidak mengambil Lea karena mata Rahel lebih bersinar. Ditengah-tengah menjauhnya Yakub dari Lea, Allah memberikan sukacita tersendiri pada Lea karena ia malah mendapat anak terlebih dahulu daripada Rahel, adiknya. Allah melihat ketabahan hati Lea yang tersisih dan tidak dicintai oleh Yakub.

Jika berada di dalam posisi yang sulit seperti hidup Lea apakah yang akan saudara dilakukan? Kebanyakan orang akan menolak menerima kenyataan itu, mengeluh tiada henti, memusuhi Tuhan atau menyalahkan seseorang yang menyebabkan hal itu terjadi. Sungguh saudara perlu belajar dari kehidupan Lea. Bertahun-tahun ia tidak dikasihi Yakub, bukan karena kesalahannya sendiri. Namun ia tetap tabah dan tetap taat menjalani pernikahannya bersama dengan Yakub. Saat saudara berhadapan dengan kesulitan yang datang dari luar dan bukan karena kesalahan sendiri marilah saudara tetap tabah sama seperti Lea dan memohon pertolongan dan kekuatan dari Tuhan. Yakin dan percaya bahwa rencana Tuhan itu membawa sesuatu yang indah dan bermakna bagi kehidupan setiap orang percaya, bahkan karakter saudara makin dipoles serupa Dia.

M3 = Melakukan FT

Persoalan hidup apa yang sedang dihadapi saat ini? Mari Hadapi dengan tabah dan pandanglah masalah itu sebagai tantangan yang harus dihadapi! Pikirkan 1 atau 2 orang yang ingin saudara dampingi dalam menghadapi masalahnya!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Sharingkan berkat firman Tuhan yang saudara dapatkan hari ini kepada saudara-saudara yang sedang berada dalam keputusaan, ketidakberdayaan dan tekanan hidup, agar mereka pun dapat terus memandang kepada Tuhan Yesus!

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab

apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan

yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. ”Yakobus 1:12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”