“Tabah Walau Dibedakan”

Kejadian 30:14-20

M1 = Menerima FT

Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara belajar untuk tetap tabah di dalam segala situasi apapun.

M2 = Merenungkan FT

1. Apa yang diinginkan Rahel dari Lea? (14)

..........................................................................................

2. Apa yang diberikan Rahel sebagai gantinya? (15)

..........................................................................................

3. Siapa saja nama anak Lea dalam teks hari ini? (18-21)

..........................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Pernahkah saudara mengalami pembedaan yang dilakukan oleh orang lain kepada saudara??? Bagaimana perasaan saudara ketika hal itu nyata terjadi?? Tentu ada timbul perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan, dan ada banyak pertanyaan mengapa hal pembedaan tersebut dapat terjadi. Tetapi pada hari ini firman mengajak saudara belajar untuk tetap tabah ketika pembedaan itu harus terjadi.

Dari konteks sejarah Lea dan Rahel, mereka mempunyai karakteristik fisik yang berlawanan. Dapat dilihat dari 29:17, saudara mendapati bahwa Lea tidak semenarik dari Rahel. Sedangkan Rahel mempunyai karakter sifat yang baik dan dinilai cantik dari karakteristik fisiknya. Hal inilah yang menjadi perhatian utama ketika Yakub lebih memilih Rahel sebagai calon istrinya ketimbang Lea. Pembedaan secara fisik oleh Yakub terbawa dalam emosi yang berkepanjangan sampai pada masa di mana Rahel menginginkan buah dudaim yang dibawa Ruben, anak Lea. Tanaman buah Dudaim sendiri merupakan tanaman yang tumbuh luas di Palestina di daerah-daerah terpencil, dan pada umumnya merupakan tanaman asli daerah Laut Tengah. Sejak dahulu, tanaman ini dianggap atau dipercayai memiliki khasiat daya rangsang birahi dan memberi kesuburan, oleh sebab itu Rahel meminta buahnya dari kakaknya, Lea (ayat 14). Ketika Rahel mandul (29:31), dia selalu ingin untuk memakan atau menikmati buah Dudaim ini, karena untuk mengurangi kekurangannya sebagai istri. Sebagai gantinya, dia setuju untuk membiarkan Lea hidup sebagai istri Yakub. (Untuk kasus khusus, Lea juga secara jelas kehilangan haknya sebagai istri). Di dalam konteks ini, dapat diketahui bahwa Lea tersinggung oleh permintaan Rahel. Rahel yang sejak semula dipilih Yakub karena lebih menarik atau atraktif, sedangkan Lea tidak memiliki kelebihan apapun selain hanya diberikan kemampuan untuk beranakcucu. Percakapan antara Rahel dan Lea kepada Yakub di dalam teks ini, mengekspresikan manusia yang digerakkan oleh situasi. Walaupun Lea bertanya dengan nada tersinggung kepada Rahel, tetapi Lea berusaha untuk mengerti, walaupun dari dahulu dia selalu dibeda-bedakan oleh Yakub, tetapi dia tetap tabah menjalani hidup yang ada di depan mata dengan baik. Ketabahan Lea menjalani hidup pada akhirnya berujung pada munculnya tiga orang anak, yaitu: Isakhar, Zebulon, dan Dina.

Ada banyak kesempatan yang Tuhan berikan kepada saudara untuk belajar tabah. Ketika ada banyak pembedaan-pembedaan dari orang lain, itu berarti Tuhan ingin saudara untuk berlatih ketabahan atau kesabaran. Tabah untuk menghadapi masalah tersebut. Tabah untuk menghadapi orang-orang yang suka membeda-bedakan. Sabarlah untuk menanti waktu Tuhan, tetaplah tabah walau tidak mengerti untuk sesaat, dan nantikan hasil yang akan indah pada waktu-Nya.

M3 = Melakukan FT

Persoalan hidup apa yang sedang dihadapi saat ini? Mari Hadapi dengan tabah dan pandanglah masalah itu sebagai tantangan yang harus dihadapi! Pikirkan 1 atau 2 orang yang ingin saudara dampingi dalam menghadapi masalahnya!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Sharingkan berkat firman Tuhan yang saudara dapatkan hari ini kepada saudara-saudara yang sedang berada dalam keputusaan, ketidakberdayaan dan tekanan hidup, agar mereka pun dapat terus memandang kepada Tuhan Yesus!

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab

apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan

yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. ”Yakobus 1:12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”