“Tabah Walau Tanpa Cinta”

Kejadian 29:30-35

M1 = Menerima FT

Berdoalah untuk kehidupan rumah tangga dan keluarga saudara agar menjadi berkat di tengah dunia ini.

M2 = Merenungkan FT

1. Mengapa Yakub lebih mencintai Rahel daripada Lea? (16-20, 30)

..........................................................................................

..........................................................................................

2. Apakah berkat khusus yang Tuhan berikan kepada Lea yang tidak dimiliki Rahel? (31)

..........................................................................................

3. Daftarkanlah nama-nama anak yg dilahirkan Lea dan apakah arti nama-nama tersebut?

..........................................................................................

..........................................................................................

PENGAJARAN

Cinta kasih merupakan salah satu pilar dalam pernikahan dan menjadi perekat yang kuat dalam kehidupan rumah tangga. Suami-istri yang memasuki kehidupan rumah tangga, wajib menjaga agar cinta kasih itu makin erat dan dalam. Tetapi apa yang terjadi jika hanya salah satu pihak yg berusaha? Tentulah pernikahan itu akan terasa berat, bahkan mustahil untuk dipertahankan. Inilah yang menimpa Lea, seorang wanita yg terjebak dalam pernikahan yg dirancang oleh ayahnya Laban. Pernikahan yang merupakan suatu jebakan bagi Yakub, sebagai tipuan untuk memaksa Yakub bekerja tanpa upah.

Sungguh malang nasib Lea, walau tidak secantik dan semenarik Rahel tentu ia merindukan bertemu jodoh yang menerima dan mencintainya tetapi saat ini ia ‘diserahkan’ kepada laki-laki yang tidak mencintainya. Bahkan kemudian, ia harus rela berbagi suami dengan adiknya Rahel. Lea pasti sudah membayangkan bahwa seumur hidup pernikahannya akan jadi tahun-tahun yang menyedihkan karena Rahel adalah yang dicintai dan diidam-idamkan Yakub (Kejadian 29:30). Namun meski tidak dicintai, ia tidak menyerah begitu saja atas kesulitan yang sedang dialami dalam pernikahan. Ia memutuskan untuk mencintai Yakub dan bertahan dalam pernikahan itu. Apa yang dilakukan Lea mendapat belas kasihan Tuhan sehingga IA berkenan memberi upah atas ketabahan hati Lea. Istri yang tidak dicintai justru melahirkan anak-anak bagi Yakub. Dari nama anak-anaknya, jelas terlihat harapan dan doa Lea kepada Tuhan. Pergumulannya yang berat dan kesedihan hatinya, dicurahkan kepada-Nya. Ia yakin bahwa Dia memperhatikan keadaannya (ayat 32-35). Pernikahan Lea bukanlah pernikahan ideal seperti yang Tuhan inginkan. Namun Tuhan berkenan mencurahkan kasih setia-Nya atas rumah tangga ini. Karena perjanjian-Nya dengan Abraham dan keturunannya maka Tuhan mau menyatakan kasih setia-Nya kepada keluarga Yakub, cucu dari Abraham. Karena melalui anak-anak Yakub inilah maka janji berkat Tuhan digenapi bagi Abraham. Anak-anak yang dilahirkan Lea dan istri-istri Yakub yang lain adalah cikal bakal dua belas suku Israel. Apa yang tadinya sebuah musibah bagi manusia, diubah menjadi hal yang mendatangkan kebaikan dan berkat.

Saudara, jikalau dalam hidup ini ada banyak peristiwa yang terjadi diluar harapan saudara, khususnya dalam pernikahan. Mungkin itu dikarenakan saudara pasangan yang tidak setia, berubah perilakunya menjadi kasar atau tidak menunjukkan kasih sayang kepada saudara. Namun saudara tidak boleh menyerah atau lebih celaka lagi mengambil jalan pintas untuk menyudahi pernikahanmu. Jika saudara sudah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan maka serahkan juga hidup pernikahan saudara kepada Tuhan. Meski manusia merancangkan yang buruk bagi saudara, percayalah bahwa Dia dapat memakai semua itu untuk mendatangkan kebaikan (Kejadian 50:20, Roma 8:28).

M3 = Melakukan FT

Persoalan hidup apa yang sedang dihadapi saat ini? Mari Hadapi dengan tabah dan pandanglah masalah itu sebagai tantangan yang harus dihadapi! Pikirkan 1 atau 2 orang yang ingin saudara dampingi dalam menghadapi masalahnya!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Sharingkan berkat firman Tuhan yang saudara dapatkan hari ini kepada saudara-saudara yang sedang berada dalam keputusaan, ketidakberdayaan dan tekanan hidup, agar mereka pun dapat terus memandang kepada Tuhan Yesus!

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab

apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan

yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. ”Yakobus 1:12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”