“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”

Kisah 18:1-4; Roma 16:3-4

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan agar perenungan firman Tuhan hari ini dapat mendorong saudara untuk menjadi rekan kerja Allah dalam keluarga.

M2 = Merenungkan FT

1. Siapakah yang dijumpai oleh Paulus di Korintus? (18:2)

.........................................................................................................

.........................................................................................................

2. Siapakah mereka bagi Paulus? (16:3)

.........................................................................................................

3. Mengapa Paulus berterima kasih kepada pasangan suami istri tersebut? (16:4)

.........................................................................................................

.........................................................................................................

PENGAJARAN

Banyak hal dari perilaku semut yang dapat dipelajari. Salah satunya adalah sebagai berikut. Ketika seekor semut mendapatkan makanan yang besar hingga ia sendiri tidak sanggup untuk mengangkatnya pulang, ia tidak terus mencoba mengangkatnya sendiri dan berharap akan bisa mengatasi berat makanan yang besar itu sendiri. Sebaliknya, ia akan meninggalkan makanan itu dan pergi mencari teman-temannya untuk menolongnya membawa pulang makanan itu. Perilaku yang demikian dapat juga diterapkan di dalam bidang pelayanan. Ketika ada satu pelayanan besar yang saudara ketahui tidak dapat menanggungnya sendiri, janganlah merasa hebat dan terus merasa bisa melakukan pelayanan itu sendiri. Tetapi sebaliknya, saudara perlu keberadaan orang lain untuk dapat bersama-sama mengerjakan pelayanan itu.

Paulus menyadari betapa sulitnya untuk melayani kota kosmopolitan. Alkitab mencatat hanya ada satu kota yang membuat Paulus begitu takut dan gentar untuk memberitakan Injil yakni kota Korintus (1 Korintus 2:3). Mengapa? Karena Korintus adalah sebuah kota kosmopolitan pada abad pertama yang berpenduduk ±200.000 jiwa, yang terdiri dari orang Yunani, Itali, veteran tentara Roma, pengusaha, pejabat-pejabat tinggi, dan orang-orang Asia termasuk di dalamnya orang Yahudi. Di samping sebagai ibu kota propinsi Akhaya, Korintus juga merupakan pusat bisnis yang sangat kaya. Namun seks bebas dan berbagai kejahatan pun sangat mewarnai mengiringi kehidupan kota besar ini. Untuk menghadapi kesulitan itu, Paulus mencari dan akhirnya menjumpai sepasang suami istri Yahudi yang percaya kepada Tuhan, yakni Akwila dan Priskila. Paulus tinggal bersama-sama dengan mereka, karena melakukan pekerjaan yang sama, membuat kemah. Lebih indah lagi, Alkitab mencatat bahwa “mereka bekerja bersama-sama” (ayat 3). Dan apa yang dilakukan mereka bersama itu diingat oleh Paulus hingga pelayanannya yang terakhir. Paulus berterimakasih kepada mereka dan menyebut mereka sebagai “teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus” (Roma 16:3). Karena keluarga ini, Paulus dapat melakukan pelayanan yang berat dan sulit dengan baik dan memberkati banyak jemaat.

Mari saudara renungkan: bagaimana kondisi keluarga saudara saat ini? Sudahkah seisi rumah saudara menjadi “teman-teman sekerja dalam Kristus Yesus”? Jika belum, coba mulailah dari diri saudara yang menyediakan diri untuk mendukung pelayanan di gereja. Sementara itu, teruslah mendorong anggota keluarga saudara untuk datang melayani Tuhan juga. Jikalau anggota keluarga saudara sudah mendukung pelayanan di gereja, langkah kedua, yaitu mendorong anggota keluarga yang lain juga turut terlibat sebagai kawan sekerja Allah di gereja. Selamat menjadi keluarga yang menjadi kawan sekerja Allah!

M3 = Melakukan FT

Pikirkan dan lakukanlah suatu cara atau model dalam mempersembahkan anggota keluarga bagi Allah sejak mereka kecil! Misalkan: mengantar anak-anak ke SM dengan setia, mendorong untuk terlibat PaDus, dll.

...............................................................................................

............................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat yang saudara dapatkan kepada rekan-rekan, ketika saudara dan seluruh anggota keluarga ada di dalam Tuhan dan setia melayani Tuhan.

“Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika

ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? ” Yakobus2:21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”