“Janji Pembebasan”

Zakharia 10:6-12

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan, agar Ia menolong saudara mengerti bahwa Allah sudah menepati janji-Nya untuk membebaskan saudara dari kuasa dosa.

M2 = Merenungkan FT

1. Apa alasan Allah menyelamatkan keturunan Yusuf? (6)

...................................................................................................

2. Apa gambaran yang dijanjikan Allah untuk dirasakan dan dialami oleh Efraim? (7)

...................................................................................................

...................................................................................................

3. Apa yang Allah akan lakukan setelah menyerakkan bangsa Israel? (9-12)

...................................................................................................

...................................................................................................

PENGAJARAN

Pada November 2001, banyak orang di seluruh dunia bersukacita ketika 8 orang tawanan dibebaskan setelah tiga bulan mengalami ketegangan karena ditawan di Afghanistan. Mereka dituntut karena menyebarkan ajaran Kristen. Pada saat itu hukuman untuk kesalahan itu adalah hukuman mati. Setelah bebas, mereka menuju jalanan dan disambut oleh pelukan dan tepukan tangan. Ketika tiba di Pakistan, mereka pun disambut dengan hangat dan meriah. Kemudian ketika kembali ke Texas, diadakan perayaan yang sangat meriah di gereja asal 2 tawanan ini, yakni Dayna Curry dan Heather Mercer. Jemaat yang ikut berdoa semalam suntuk, bergabung bersama staf gereja untuk bersukacita. Pendeta mengangkat tangan dan berseru, "Terima kasih Tuhan!" Kebebasan adalah hal yang membahagiakan dan menyenangkan. Orang yang dahulunya dipenjarakan dalam waktu yang panjang pastilah menginginkan pembebasan. Apalagi bagi bangsa Israel, adanya sebuah janji pembebasan dari Allah sendiri. Pembuangan yang mereka jalani bukan saja puluhan tahun tapi ratusan tahun.

Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yesaya 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM dan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu. Dan dalam perikop ini dijelaskan bahwa Tuhan mengingat janji-Nya untuk membawa mereka kembali dari pengasingan ke tanah yang Tuhan janjikan kepada mereka. Dan saat itu terjadi, bangsa ini akan dikuatkan oleh Allah dan bermegah di dalam Tuhan.

Aplikasi apa yang dapat diambil untuk masa kini. Nubuatan Zakaria tentu saja sudah digenapi oleh Tuhan dan bangsa Yahudi denagan kembali dari pembuangan. Namun bagaimana dengan saudara yang telah dibebaskan oleh Tuhan dari perbudakan dosa?. Adakah kebebasan di dalam darah Yesus Kristus itu telah saudara wartakan dan wujudkan kepada orang lain yang sedang perbudakan dosa atau kepada mereka yang berada dalam beban yang berat, agar mereka pun mengalami sukacita yang sama di dalam Tuhan Yesus, sang Juruselamat. Tentu saja kepercayaan ini bukan saja hanya di mulut namun juga di dalam kehidupan keseharian saudara. Selain itu, di dalam diri saudara juga dibutuhkan suatu hati yang selalu mengucap-syukur atas kebebasan itu dengan memberikan hidup saudara dalam pelayanan kepada setiap orang yang sedang membutuhkan ‘tangan’ dan ‘mulut’ saudara. Selamat menjadi pembebas!

M3 = Melakukan FT

Tuliskanlah cara-cara sederhana dalam meRajakan Yesus di dalam kehidupan sehari-hari. Lalu doakanlah langkah-langkah itu untuk bisa dipraktekkan!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah berkat-berkat yang saudara nikmati kepada jemaat, rekan-rekan komsel atau rekan kerja ketika saudara meRajakan Yesus Kristus di dalam hidup saudara.

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. Zakharia 9:9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”