“Melangkah Dengan Keyakinan”

Matius19:21-26

M1 = Menerima FT

Berdoalah kepada Tuhan agar di dalam menjalani hari-hari yang Allah Bapa anugerahkan, saudara dapat melangkah dengan penuh keyakinan!

M2 = Merenungkan FT

1. Apakah yang harus dilakukan oleh orang muda itu untuk mendapatkan hidup kekal? (21)

...................................................................................................

...................................................................................................

2. Bagaimanakah reaksi orang muda itu? (22)

...................................................................................................

3. Bagaimanakah gambaran yang diberikan Yesus tentang orang kaya yang ingin masuk surga? (23-26)

...................................................................................................

...................................................................................................

PENGAJARAN

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kekuatiran. Kuatir atas pekerjaan, usaha, pendidikan anak, masa depan keluarga, pelayanan, dll. Hal itu adalah sesuatu yang wajar, terlebih lagi dengan situasi ekonomi dan politik yang tak menentu. Namun, saat berada dalam kekuatiran itu dan Tuhan menghendaki saudara untuk taat melakukan sesuatu yang Dia inginkan, apakah yang akan saudara lakukan? Tidak mudah untuk menjawab hal ini, karena sebagai manusia tentu saja memiliki pertimbangan-pertimbangan yang memakai logika.

Hal ini juga dialami seorang pemuda yang datang kepada Yesus, karena ia memiliki kekuatiran tentang hidup kekal dan keinginannya untuk mendapatkan hidup kekal itu. Saat ia bertanya kepada Yesus perbuatan baik apakah yang harus dilakukannya untuk mendapatkan hidup kekal, Yesus pun menjawab bahwa ia harus melakukan semua perintah Allah. Dengan penuh percaya diri, pemuda ini berkata bahwa semua itu telah ia lakukan. Untuk menyempurnakan semua yang telah dilakukannya, Tuhan Yesus ingin pemuda itu menjual semua hartanya dan memberikannya kepada orang miskin, lalu mengikut Yesus. Rupanya, pemuda ini berkeberatan atas permintaan Yesus, yang tidak dapat dilakukannya. Mengapa? Karena sebenarnya hatinya masih terpaut pada harta yang ia miliki. Ia kuatir ketika ia menjual semua hartanya, bagaimana dengan kehidupannya. Padahal tawaran yang menarik Yesus berikan, yaitu mengikut Dia dan bersama-sama dengan Dia. Untuk itu, Yesus memperbandingkan “Lebih muda seekor unta melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Surga” (ayat 24). Sebenarnya, bukanlah orang kaya tidak dapat masuk surga, namun terkadang orang yang kaya menggantungkan harapannya pada kekayaan yang ia miliki, hatinya seutuhnya terpaut pada kekayaan yang dimiliki dan bukannya kepada Allah, sehingga menghalanginya untuk masuk Kerajaan Surga.

Melalui perenungan hari ini, saudara dapat belajar bahwa melangkah dengan TAAT berarti juga saudara melangkah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan bersama-sama saudara. Terlebih lagi di dalam menjalani tahun 2012 ini, di dalam seluruh perencanaan yang dimiliki. Mungkin saudara tetap akan mengalami kesulitan, namun percayalah bahwa Dia tidak pernah meninggalkan saudara. Hal yang Tuhan inginkan adalah agar saudara tetap memiliki hati yang sungguh terpaut hanya kepada Tuhan dan benar-benar yakin bahwa Tuhan bersama-sama saudara, serta tetap taat melakukan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup saudara.

M3 = Melakukan FT

Wujud apakah yang saudara lakukan untuk melatih ketaatan saudara dalam melangkah bersama dengan Tuhan sepanjang tahun ini? Tuliskanlah itu!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah keuntungan atau kerugian jikalau saudara melaksanakan perintah-perintah dari Tuhan kepada rekan-rekan saudara!

"Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas,

tanpa ditimpa malapetaka." Amsal 19:23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”