Membangun Karakter Yang TAAT

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." 2 Korintus 5:17

Karakter adalah seperti sebuah cermin dari hidup seseorang. Siapa diri saudara akan terlihat dari cerminan karakter saudara. Oleh sebab itu, saudara dapat mengenal sifat atau kepribadian seseorang melalui karakternya. Memang karakter itu sendiri tidak bisa dilihat langsung oleh mata siapa pun, namun saudara dapat merasakan dampak (output) dari seluruh kelakuan atau tindak tanduknya.

Biasanya, berbicara mengenai karakter kristiani, maka acapkali hal itu diidentikkan atau dikaitkan dengan ‘produk buah Roh’ (Galatia 5:22-23) Karakter kristiani adalah suatu pilihan seseorang yang percaya Yesus untuk senantiasa memiliki suatu kerinduan mengenal dan bertumbuh di dalam firman Tuhan. Suatu pilihan hidup dari seseorang untuk setiap hari bergaul dengan Yesus Kristus melalui firman-Nya atau melalui kehidupan doanya. Suatu pilihan hidup untuk membiarkan Roh Kudus bekerja secara leluasa di dalam kehidupannya. Karakter kristiani bukan sebuah kehidupan duplikat atau peniruan atas cara hidup orang lain, tetapi sebuah proses hidup seseorang bersama dengan Tuhannya. Agar karakter itu bertumbuh, maka ada beberapa hal sederhana yang perlu dilakukan: Pertama: Sediakan waktu untuk bergaul dengan Yesus Kristus (Yohanes 15:4-5). Kedua: Bertekunlah untuk menggali firman Allah agar bisa memahami kehendak Allah yang telah dinyatakan di dalam firman-Nya bagi kehidupan pribadimu. Ketiga: Memiliki sikap hati yang bersedia TAAT kepada seluruh kehendak Allah. Keempat: Sediakan waktu untuk aktif terlibat dalam Komunitas Sel (Komsel) yang sudah ada, agar melalui Komsel saudara dapat saling mendorong untuk menjadi seorang yang memiliki karakter yang TAAT.

Menjalani dan menghidupi karakter kristiani saudara itu tidak mudah karena karakter kristiani selalu berlawanan dengan karakter dunia ini. Hal ini berarti bahwa sebagai anak-anak Tuhan, saudara memutuskan diri untuk tidak hidup seperti hidup dunia (Galatia 5:19-21; Efesus 4:25-32). Hal itu adalah sebuah hidup yang berlawanan dengan seorang yang telah hidup baru, yang selalu ingin diperbaharui roh dan pikirannya (Efesus 4:23-24). Marilah sepanjang tahun ini, setiap jemaat GKKK TKI memiliki sebuah kehidupan yang penuh komitmen untuk menjadi tahun ini adalah tahun kebangkitan hidup rohani saudara dan keluarga. Persembahkanlah sebuah keluarga yang memiliki karakter yang TAAT.

Dari Meja Gembala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”