“Meyakini Kekuatan Dari-Nya”

1 Samuel 17:40-51

M1 = Menerima FT

Berdoalah agar saudara diberikan kekuatan dari Tuhan di dalam hidup saudara untuk menjalani tantangan-tantangan dalam kehidupan yang saudara jalani.

M2 = Merenungkan FT

1. Bagaimanakah keadaan Daud ketika ia akan melawan Goliat? (42)

...................................................................................................

2. Dengan apakah akhirnya Daud mengalahkan Goliat? (50)

...................................................................................................

...................................................................................................

3. Ketakutan terbesar apakah yang sekarang sedang menghadang saudara? Maukah saudara menghadapinya dengan nama Tuhan?

...................................................................................................

...................................................................................................

PENGAJARAN

Jika ada seorang anak kelas 3 SD, yakni sekitar 9 tahun diperhadapkan dengan Ade Rai seorang binaragawan yang bertubuh tinggi besar, kira-kira jika mereka berkelahi siapa yang menurut saudara yang akan menang? Saya pikir semua memiliki pendapat yang sama, yaitu Ade Rai yang bertubuh besar pasti dengan mudah akan memenangkan perkelahian tersebut. Mengapa? Karena begitulah hukum alam yang berlaku, yang besar selalu mengalahkan yang kecil.

Tetapi bagaimana dengan perspektif Alkitab? Di dalam sebuah pertarungan terbesar sepanjang abad, siapa yang tidak pernah mendengar pertarungan antara Daud dan Goliat? Hampir setiap sekolah minggu di seluruh dunia tidak luput untuk menceritakan kisah sejarah yang apik ini. Secara kasat mata, memang Daud yang masih muda sepertinya bukan lawan yang seimbang jika dibandingkan dengan Goliat yang tingginya hampir 3 meter. Siapakah Daud, ia cuma seorang remaja penggembala domba. Selain masih kecil ia juga tak berpengalaman dalam perang, Saul sedikit menyindir dengan berkata, "Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit" (ayat 33). Betul, Alkitab sekali lagi mengonfirmasi Daud masih sangat muda, Goliat yang melihat Daud yang maju juga mengejeknya sebagai anak kecil (ayat 42). Tetapi hal yang mencengangkan yaitu: mengapa Daud begitu berani, apa yang mendorongnya begitu percaya diri bisa mengalahkan si raksasa Goliat? Karena Daud meyakini kekuatan Tuhan akan menyertainya! Sebelum bertarung ia berkata di depan prajurit Israel, "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu" (ayat 37). Kepada lawannya ia berkata, "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu” (ayat 45). Ia paham dengan jelas bahwa sekilas tubuhnya yang kecil tidak mampu untuk melawan raksasa seperti Goliat, tetapi Tuhan yang Besar menyertainya dan pasti menungganglanggangkan Goliat. Ia meyakini kekuatan yang sesungguhnya datang dari Tuhan.

Intimidasi apakah yang tengah kau alami saat ini? Kesulitan, permasalahan yang menghadang saudara mungkin terlihat sangat raksasa di hadapan saudara, sehingga saudara merasa putus asa dan frustrasi untuk menghadapinya. Tuhan adalah Sumber Kekuatan, yang akan melepaskan saudara dari kesulitan, tetapi Ia menuntut saudara untuk percaya dan menyerahkan permasalahan itu kepada Dia. Percayalah seperti Daud yang mempercayai Allah bahwa Allah yang akan menghantam musuh raksasanya. Mohonlah kekuatan-Nya dalam menghadapi raksasa kesulitan yang menghadang saudara dan alami kuasa kekuatan-Nya.

M3 = Melakukan FT

Wujud apakah yang saudara lakukan untuk melatih ketaatan saudara dalam melangkah bersama dengan Tuhan sepanjang tahun ini? Tuliskanlah itu!

….......................................................................................

..........................................................................................

M4 = Membagikan FT

Bagikanlah keuntungan atau kerugian jikalau saudara melaksanakan perintah-perintah dari Tuhan kepada rekan-rekan saudara!

"Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas,

tanpa ditimpa malapetaka." Amsal 19:23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”