“Hidup Yang Dikuasai Nafsu”


2 Sanuel 13:1-12
M1 = Menerima FT
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara diberi hati dan dimampukan menjangkau orang-orang muda untuk kemuliaan Tuhan.
M2 = Merenungkan FT
1.         Siapakah nama adik perempuan Absalom? Dan bagaimana sikap Amnon terhadapnya? (1-2)
.................................................................................
.................................................................................
2.         Bagaimana ide Yonadab yang diberikan kepada Amnon? (5)
.................................................................................
.................................................................................
3.         Bagaimana respon Tamar terhadap godaan Amnon? (12)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Amnon adalah anak pertama dari raja Daud. Dia lahir dan tumbuh dalam tahun-tahun antara kebangkitan Daud menjadi terkenal dan bangkitnya Daud menjadi penguasa yang menggantikan raja Saul.  Amnon bertumbuh menjadi pangeran yang memiliki waktu yang lebih namun tidak mempunyai kontrol yang kokoh terhadap pikirannya. Hal ini menyebabkan Amnon berubah menjadi seorang yang mempunyai kekuasaan merusak di dalam keluarga kerajaan. Pengaruh ini merambah kepada keinginan seksualnya, yang membuat dirinya terobsesi berhubungan dengan Tamar, adiknya.
Kecantikan Tamar membuat nafsu masa muda Amnon, saudaranya bangkit. Amnon sangat menginginkan Tamar, tapi menyadari bahwa hal itu tidaklah mungkin. Maka kemudian Amnon berguru kepada si licik, yaitu Yonadab untuk mengatur siasat atau rencana jahatnya. Mata Amnon sudah gelap sehingga mematikan pikiran sehatnya. Nafsu dan keinginan daging telah membuatnya tidak dapat melihat bahwa Tamar yang ingin diperkosanya itu adalah saudara satu ayah. Nafsu dan keinginan daging memang selalu membuat mata tidak lagi dapat melihat jelas dengan akal sehat. Demikianlah hidup yang gelap itu. Hati yang gelap. Hidup yang dipenuhi kegelapan adalah kehdiupan yang bersumber dari hati yang gelap. Bila nafsu itu tidak diluruskan oleh Tuhan Allah, tetapi dituruti saja, maka ia akan membuat hati yang gelap bertambah gelap. Tamar berusaha memperingatkan dan menasehati Amnon agar kakaknya jangan memperlakukan perbuatan terkutuk itu, tetapi Amnon sudah digelapkan oleh dosa. Walaupun Tamar memberikan jalan keluar supaya Amnon memintanya dari Daud secara baik-baik, tetapi hati Amnon tidak mampu menimbang yang baik dan benar dari yang jahat dan salah. Bahkan begitu jahat nafsu yang menguasai pikirannya, maka hati Amnon makin gelap. Setelah Amnon berhasil memperkosa Tamar, maka kemudian dia tidak mau mempertanggungjawabkan tindakan amoralnya. Adiknya dibiarkan menanggung derita dan malu sendiri. Inilah jahatnya hati yang gelap.
Demikianlah hidup kebanyakan anak-anak muda yang tidak mengenal takut akan Tuhan. Banyak diantara mereka, malah membuang masa muda yang cerah dan indah hanya demi pemenuhan hawa nafsu.  Hidup mereka adalah hidup yang dikuasai pikiran yang penuh nafsu.  Bagaimana tanggapan atau respon saudara? Mereka (anak-anak muda) membutuhkan saudara untuk mengangkat mereka dari lumpur dosa yang terus menghisap mereka semakin dalam. Kiranya Tuhan memakai saudara menjadi alat-Nya menjangkau orang-orang muda bagi Yesus Kristus, sehingga dapat memancarkan kemuliaan-Nya.

M3 = Melakukan FT
Tentukan orang yang akan didoakan saudara dan tuliskanlah nama mereka agar sepanjang bulan MISI ini mereka mengalami anugerah dan berkat-Nya!
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah kesulitan dan sukacita ketika saudara dapat memberkati seklilingmu, kepada rekan-rekan saudara di gereja, komsel atau di tempat kerja.

"Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang
yang sudah menguning dan matang untuk dituai”
Yohanes 4:35b

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”