"Hidup Yang Terikat Materi”


Matius 19:16-22
M1 = Menerima FT
Berdoalah kepada Tuhan agar saudara diberikan rasa ckup dan rasa mensyukuri untuk apa yang saudara miliki saat ini.
M2 = Merenungkan FT
1.         Pertanyaan apakah yang diajukan seorang anak muda di ayat-ayat ini kepada Tuhan Yesus? (16)
.................................................................................
2.         Apakah yrespon dan perintah Yesus kepada anak muda tersebut? (21)
.................................................................................
.................................................................................
.................................................................................
3.         Bagaimanakah respon si anak muda tersebut setelah mendengar perintah Tuhan Yesus baginya? (22)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Bagaimana cara untuk menyelamatkan jiwa saudara?  Perusahaan asuransi menawarkan jaminan untuk itu.  Tetapi tentu saja tidak menjamin jiwanya akan selamat untuk selamanya.  Perusahaan asuransi yang bonafid sekalipun tak bisa mencegah seseorang untuk mengalami kecelakaan apalagi kematian.  Asuransi jiwa tak memberi jaminan hidup bagi seseorang, apalagi hidup kekal.  Jaminan hidup kekal hanya diberikan oleh Tuhan Allah, Dialah Pemilik sekaligus Penjamin hidup kekal bagi umat manusia.  Jadi, untuk memperolehnya . . . jelas saudara harus mengikuti cara main-Nya atau dengan kata lain sesuai dengan petunjuk-Nya termasuk perintah-Nya.
Ketika Yesus melanjutkan perjalanan-Nya dari Perea menuju Yerusalem, tiba-tiba ada seorang anak muda yang berlari menghampiri-Nya. Ia bertanya, "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" (ayat 16).  Mungkin lebih tepatnya, ia mengajukan satu pertanyaan ujian bagi Yesus.  Dia mengurutkan hukum ke-5 sampai ke-9 dari 10 Hukum Allah dan dari Imamat 19:18 -’kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri’- (ayat 18-19). Seakan ia ingin diyakinkan atau sekedar ingin dipuji karena merasa telah layak mendapatkan hidup kekal, yang didasarkan perbuatan baik, yang sudah ia lakukan tentunya, ia berkata: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?" (ayat 20). Tragisnya, ia merasa lewat ketaatannya kepada Taurat memastikan dirinya bisa memperoleh hidup kekal.  Yesus menambahkan perintah “kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” dengan maksud bahwa perbuatan baik saja sama sekali tidak membawa manusia kepada hidup yang kekal.  Perbuatan baik lahir dari hati yang baik yang dianugerahkan dari Yang Mahabaik membawa pengenalan kepada hidup yang kekal. Yesus ingin membantu si anak muda yang kaya ini untuk menyempurnakan perbuatannya dengan memerintahkannya untuk menjual dan memberikan seluruh hartanya bagi orang-orang miskin barulah mengikut Yesus (ayat 21). Namun sayang, si anak muda yang kaya ini tidak bisa melepaskan hartanya demi mengikut Tuhan Yesus dalam rangka memperoleh hidup yang kekal (ayat 22). 
Tuhan Yesus tidak selalu memerintahkan orang-orang yang ingin mengikut-Nya untuk menjual hartanya dan memberikannya kepada orang-orang miskin, kepada ke-12 muridnya saja, tidak! Tetapi Dia menginginkan para pengikut-Nya tidak mengikat diri mereka dengan materi ketika mereka sudah berkomitmen mengikut-Nya.  Demikian dengan saudara, jangan sampai materi yang saudara miliki mengikat saudara sehingga saudara tidak leluasa dalam mengikut Dia.  Lepaskanlah itu, jika memang Tuhan menghendakinya.  Beranikah saudara?

M3 = Melakukan FT
Tentukan orang yang akan didoakan saudara dan tuliskanlah nama mereka agar sepanjang bulan MISI ini mereka mengalami anugerah dan berkat-Nya!
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah kesulitan dan sukacita ketika saudara dapat memberkati seklilingmu, kepada rekan-rekan saudara di gereja, komsel atau di tempat kerja.

"Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang
yang sudah menguning dan matang untuk dituai”
Yohanes 4:35b

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”