“Sang Pewaris Mendapatkan Kembali”


Yohanes 4:7-19
M1 = Menerima FT
Berdoalah agar mereka yang berasal dari suku Sunda boleh kembali mendapatkan kebenaran yang sejati dalam Kristus.
M2 = Merenungkan FT
1.         Apa yang hendak dilakukan oleh perempuan Samaria pada perikop ini? (7)
.................................................................................
2.         Apakah yang diminta oleh Tuhan Yesus pada wanita Samaria dan kemanakah para murid? (7-8)
.................................................................................
.................................................................................
3.         Perbedaan apakah yang akan terjadi bila seseorang meminum dari sumur Yakub dan meminum air yang berasal Tuhan Yesus? (13-14)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Perikop ini adalah salah satu yang paling indah dimana Tuhan mengubah orang-orang berdosa, khususnya perempuan Samaria ini sehingga datang untuk menyembah Tuhan di dalam roh dan kebenaran. Perlu diketahui bahwa kaum Yahudi dan kaum Samaria (orang Yahudi yang menikah dengan orang diluar Yahudi) adalah 2 kelompok yang saling bermusuhan. Meskipun jalan tersingkat dari Yudea ke Galilea ialah melalui Samaria, namun orang Yahudi tetap akan mengambil jalur lain yang lebih jauh hanya untuk menghindari tanah Samaria yang dianggap najis. Namun, pada hari itu Yesus tetap memilih untuk melewati Samaria. Pada saat melewati daerah Samaria, Yesus bertemu dengan seorang perempuan yang menimba air di siang hari.
Ada kemungkinan, dia adalah pelacur yang dianggap sampah masyarakat. Umumnya tiada wanita yang mengambil air di tengah hari. Namun Tuhan datang dan meminta minum kepada perempuan itu. Maka perempuan itu pun kaget atas sikap dari Yesus yang justru minta minum kepada dia yang seorang Samaria. Yesus saat itu memulai percakapan melalui kebutuhan jasmani-Nya untuk minta minum, namun wanita itu mempertanyakan posisi hubungan kedua ras yang berseberangan (ayat 8-12). Didalam tanggapan-Nya, lalu Yesus masuk ke dalam kebutuhan yang lebih dalam dari si perempuan itu, yang hanya dapat dipenuhi oleh Tuhan. Pada saat itu Yesus Kristus menyatakan dirinya adalah sumber 'air hidup' (bandingkan dengan Yohanes 7:37-39).  Untuk menegaskan maksud air hidup, maka Yesus mengutarakan perbedaan air yang dapat menghilangkan haus untuk sementara dan yang menghilangkan haus secara terus-menerus. Yang terakhir tentu lebih baik sebab bisa membawa pada kehidupan yang kekal (ayat 13-14). Lebih jauh lagi, dalam percakapan-Nya Yesus membongkar sejarah pernikahan yang suram darinya. Mungkin setidaknya ada 5 perceraian terdahulu dan 1 hubungan haram yang dilakukannya saat itu (ayat 16-18). Apa yang dilakukan oleh Yesus telah membuat perubahan dalam hidup perempuan ini, dimana pribadi yang sebelumnya ia panggil 'Tuan' (Yunani, 'Kurie', dari kata 'Kurios' ), kini menurutnya, Yesus adalah seorang nabi (ayat 19).
Saudaraku, jikalau setiap saudara sudah mendapat kelegaan dan kepuasan dalam Yesus, namun adakah saudara sadar bahwa pada saat ini banyak orang di sekitar saudara seperti perempuan Samaria, yang mana mereka sedang mencari “sumber air” untuk melepaskan dahaga dalam hidup mereka. Mereka bukan saja sedang mengalami “kehausan” namun mereka juga “tenggelam” dalam dosa mereka. Mari nyatakan kasih Kristus dalam kehidupan saudara bagi mereka yang sedang “kehausan” dan “tenggelam” dalam dosa. Sehingga mereka boleh mendapatkan kembali kebenaran yang sejati dan hidup hanya bagi Dia.  

M3 = Melakukan FT
Tentukan orang yang akan didoakan saudara dan tuliskanlah nama mereka agar sepanjang bulan MISI ini mereka mengalami anugerah dan berkat-Nya!
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah kesulitan dan sukacita ketika saudara dapat memberkati seklilingmu, kepada rekan-rekan saudara di gereja, komsel atau di tempat kerja.

"Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang
yang sudah menguning dan matang untuk dituai”
Yohanes 4:35b

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”