“Api yang Tak Kunjung Padam”


Filipi 1:27-30
M1 = Menerima FT
Berdoalah agar api penginjilan selalu berkobar dan tak kunjung padam dalam diri saudara dan setiap jemaat GKKK Bandung, GKKK Kopo Permai dan GKKK Taman Kopo Indah.
M2 = Merenungkan FT
1.         Hal apa yang Paulus ingin lihat dan dengar tentang jemaat Filipi? (27-28)
.................................................................................
.................................................................................
2.         Apa saja yang Tuhan karuniakan bagi setiap orang percaya? (29-30)
.................................................................................
.................................................................................
3.         Apakah yang tidak boleh diabaikan dalam mengobarkan api Injil itu? (27; bandingkan 2:1)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Jemaat Filipi adalah jemaat yang heterogen atau majemuk/beragam. Mereka terdiri dari orang-orang Kristen yang bukan dari keturunan Yahudi dan orang -orang keturunan Yahudi yang sudah menjadi Kristen. Hubungan rasul Paulus dengan jemaat ini terjalin dengan sangat baik, namun dalam kehidupan berjemaat di Filipi rupanya ada juga sekelompok orang yang menentang pelayanan dari rasul Paulus. Selain kemajemukan itu,  ada juga di antara jemaat yang sedang bermasalah, yaitu tidak sehati dan sepikiran dalam pelayanannya yang tentunya dikhawatirkan akan merusak persekutuan di antara anggota jemaat di Filipi. Mereka yang sedang berselisih paham itu adalah dua wanita yang bernama Sintikhe dan Euodia.
Karena kemajemukan itu, pesan Paulus kepada jemaat Filipi adalah supaya mereka terus menerus menyesuaikan hidup mereka atau karakter mereka dengan Injil Kristus Yesus. Dengan tegas sekali, Paulus minta supaya setiap orang percaya di Filipi menjadikan Injil Kristus Yesus sebagai patokan hidup mereka selama di dunia ini. Hendaknya gaya hidup mereka senantiasa didasarkan pada Injil Kristus Yesus, dan senantiasa memiliki semangat yang terpancar dari Injil Kristus. Paulus sangat yakin bahwa dunia sekeliling jemaat Filipi tidak mungkin membiarkan iman mereka terus bertumbuh semakin kuat dan bersinar terang. Bagi dunia yang tidak mengenal dan menolak Injil, maka pasti ada perlawanan atau oposisi, hambatan, dan jerat-jerat rohani yang ingin melumpuhkan iman orang-orang Kristen di Filipi. Paulus menasehati bahwa semua jerat dunia atau Iblis itu dimaksudkan agar api semangat kebersamaan mereka, api penginjilan mereka, atau pun api ibadah yang saleh kepada Tuhan makin memudar.
Itulah sebabnya orang-orang Kristen di segala zaman pun harus berjuang mempertahankan iman kristianinya terhadap ketidak-ramahan dunia, terus berjuang memelihara api Roh Kudus itu agar tetap bernyala-nyala. Jikalau api mereka menyala terus maka dampak perubahan anak-anak Tuhan akan dahsyat. Dan mereka yang sudah diubahkan pun, dapat juga memberi pengaruh kepada lingkungan sosial mereka. Pada tahun ini, Gereja Kristen Kalam Kudus genap berusia 60 tahun, karena itu sama seperti jemaat Filipi, hendaknya jemaat Kalam Kudus bersatu padu, sehati dan terus berjuang demi kepentingan Injil Kristus. Dan biarlah api yang tak kunjung padam selalu menyala dalam ibadah saudara, dalam pelayanan saudara dan dalam persekutuan dengan saudara lainnya. Peliharalah api yang menyala dalam hati setiap saudara untuk berjuang demi iman yang timbul dari berita Injil.

M3 = Melakukan FT
Tuliskanlah dan terlibatlah secara aktif dalam beberapa pelayanan gereja Kalam Kudus, sebagai salah satu wujud kesehatian dan kebersamaan saudara dalam perjuangan demi Injil.
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama anggota jemaat atau komsel yang masih belum aktif dalam mengobarkan api penginjilan dari hati Allah.

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor,
biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”Roma 12:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”