“Terang yang Terus Menyala”


Matius 5:13-16
M1 = Menerima FT
Berdoalah mohon Tuhan menolong agar saudara untuk dapat menjadi terang Kristus yang terus menyala di dalam keluarga, tempat kerja atau di lingkungan kampus/sekolah.
M2 = Merenungkan FT
1.         Apakah yang terjadi dengan garam yang tawar? (13)
.................................................................................
.................................................................................
2.         Apakah gunanya pelita diletakkan di atas kaki dian? (15)
.................................................................................
.................................................................................
3.         Apakah tujuan terang kita harus terus menyala? (16)
.................................................................................
.................................................................................

PENGAJARAN
Seorang mahasiswa fakultas pertanian diutus oleh universitasnya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah pulau yang cukup terpencil. Setelah ia tiba di lokasi, ia mendapati sebuah kenyataan, bahwa para petani miskin tidak mendapatkan hasil yang memadai. Ini semua diakibatkan oleh karena cara bertani atau bercocok-tanam mereka yang sangat sederhana. Sebagai seorang mahasiswa pertanian, hatinya tergerak untuk memberikan pendampingan dalam memperbaiki cara bertani. Tugas KKN tidak penting lagi baginya, ia terjun untuk membantu para petani, bahkan mengajarkan semua yang ia ketahui dari bangku kuliahnya. Ia tetap mengabdi dan membangun walau pun tanpa tugas dan dana dari pemerintah.
Nats firman Tuhan pada hari ini berbicara mengenai fungsi dari garam dan terang dunia. Garam yang tidak asin tidak ada gunanya, terang yang menjadi gelap pun tidak ada manfaatnya. Mengapa demikian? Karena dua benda itu telah kehilangan hakekat/natur dan perannya. Jadi jikalau sebuah benda sudah hilang dari tujuan awal dibentuknya benda itu, maka produk itu berarti gagal. Demikian juga dengan diri setiap anak-anak Tuhan! Sebagai umat Allah, mereka tidak boleh kehilangan hakekat dan peran sebagai ‘anak TUHAN’ dalam sepanjang perjalanan hidup di dunia ini. Anak-anak Tuhan  seharusnya menjadi manusia yang dibutuhkan oleh setiap orang. Setiap anak-anak Tuhan seharusnya menerangi kegelapan sekitarnya, sehingga kejahatan makin berkurang. Kalau sampai tidak ada agi perbedaan antara anak-anak Tuhan dan dunia ini, maka peran atau fungsi anak-anak Tuhan Allah menjadi tiada berguna lagi, dilecehkan, diacuhkan, atau disingkirkan. Kehadiran anak-anak Tuhan di tengah dunia adalah kepanjangtangan dari kehadiran Kristus. Wajarlah bila dimana pun mereka berada, seharusnya lingkungan sekitarnya merasakan dampaknya. Dampak itu harus terpancar baik melalui berita Injil maupun melalui sikap hidup dan perbuatan baik atau kehidupan sosial mereka. Bersaksi akan kasih Kristus dan berbuat baik atas nama Yesus adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan dan dua hal ini adalah sarana untuk membahagiakan umat manusia yang diciptakan dan dikasihi Allah Bapa.
Saudara baru saja memperingati HUT ke 60 Gereja Kristen Kalam Kudus, yang diadakan di kota Bandung. Di HUT ke 60 marilah saudara menjadi duta terang di manapun saudara berada dan ditempatkan Tuhan,  terang yang terus menyala lewat potensi yang Allah berikan kepada saudara. Biarlah terang itu terus menyala, supaya orang yang melihat perbuatan baik atau karakter yang murah hati akan mudah memuliakan Bapa yang ada di Sorga. Juga akan mudah untuk mau datang kepada Yesus.

M3 = Melakukan FT
Tuliskanlah dan terlibatlah secara aktif dalam beberapa pelayanan gereja Kalam Kudus, sebagai salah satu wujud kesehatian dan kebersamaan saudara dalam perjuangan demi Injil.
…...................................................................................
......................................................................................
M4 = Membagikan FT
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama anggota jemaat atau komsel yang masih belum aktif dalam mengobarkan api penginjilan dari hati Allah.

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor,
biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”Roma 12:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”