“Agar Pekerjaan-Nya Tetap Berlangsung”


Filipi 4:14-20
MENERIMA
Mintalah Tuhan menolong saudara memiliki kesempatan untuk berbagian dalam mendukung pekerjaan Tuhan di ladang-Nya.


MERENUNGKAN
1. Apa yang dipuji Paulus dari jemaat Filipi? Berapakali mereka membantu Paulus?(14-16)
............................................................................................
2. Apakah prioritas Paulus atas jemaat Filipi (17). Bagi Paulus persembahan jemaat Filipi merupakan _____________________  (18b)!
.............................................................................................
3. Apakah doa Paulus untuk jemaaat Filipi? (19-20)
.............................................................................................


PENGAJARAN
Salah satu tujuan Paulus menulis surat ini sebagai ucapan terima kasih pada gereja di Filipi atas pemberian kasih mereka (4:10-20). Ia menganggap pemberian ini sebagai: (1) Suatu penanaman modal (ayat 14-17,19), yang akan memberi keuntungan rohani yang berlimpah. Kata "mengambil bagian" diartikan "Persekutuan pada masa sekarang". Jemaat "memberi dan menerima": Memberi materi kepada Paulus dan menerima hal-hal rohani dari Tuhan. Tuhan adalah ibarat pemegang buku keuangan dan tak lupa membayar keuntungan rohani pada yang setia memberi, dan memenuhi kebutuhan mereka (ayat 19). (2). Suatu pengorbanan rohani (ayat 18); yang ditaruh di mezbah demi kemuliaan Allah. Mereka  adalah imam-imam, yang mempersembahkan kurban kepada Tuhan.      
                                                                                                                                 
Ada suatu perbedaan yang menarik antara ayat 18 dan ayat 19: "Kalian yang memenuhi kebutuhanku, dan Allah akan memenuhi kebutuhanmu. Kalian memenuhi 1 kebutuhanku, tetapi Allah akan memenuhi segala kebutuhanmu. Kalian memberikan dari kemiskinanmu tapi Allah akan memenuhi kebutuhan dari segala kekayaan-Nya dalam kemuliaan!" Berapa besar persembahan yang diberikan tak diketahui! Mungkin jumlahnya tak besa,  jika menilik situasi ekonomi mereka (band. 2 Korintus 8:2). Tetapi itu tidak penting, karena yang terpenting, pekerjaan Tuhan terus berlangsung. Pemberian jemaat Filipi jelas sebagai salah satu sumber dana bagi pelayanan Paulus.

Gereja harus memiliki sumber daya dan dana. Semuanya itu mungkin, ketika saudara terlibat pekerjaan Tuhan melalui persembahan saudara. Kiranya Tuhan menolong untuk berbagian dalam pekerjaan pelayanan-Nya dengan sumber daya dan dana yang telah dipercayakan pada saudara.


MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk memberikan persembahan bagi pembangunan gereja dan sarana gereja sebagai bukti kasih dan kepedulianmu bagi gereja dan ekspresi kasihmu kepada Tuhan !
 ........................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih berat hati untuk melaksanakan perpuluhan.
Ayat Hafalan : Ulangan 8:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”