“Allah Adalah Sumber”


Filipi 4:5-9

MENERIMA
Mengucap syukur untuk janji Tuhan, dan berimanlah bahwa Dia adalah sumber atas hidupmu.

MERENUNGKAN
1. Apa yang dilakukan-Nya di hadapan semua orang? (5)
......................................................................................................
2. Apa yang harus dilakukan murid-Nya dalam hidup yang penuh tantangan ini? (6)
......................................................................................................
3. Apa yang harus dipikirkan dan dihidupi di dalam hidup orang percaya? (8)
.......................................................................................................


PENGAJARAN
Berbuat baik, bersukacita dan bersyukur bukanlah hal-hal yang mudah dilakukan.  Mungkin akan terpikir perbuatan baik hanya bisa dilakukan jika hati seseorang sedang senang, atau minimal tidak berada dalam masalah.  Demikian juga dengan mngucap syukur, hal tersebut dapat dilakukan jika ada sesuatu yang baik, yang membawa sukacita menghampirinya. “Bagaimana bisa mengucap syukur, rumahku baru saja mengalami kebakaran dan saat ini, saya tidak tahu harus tinggal di mana!?”  Kata seorang bapak yang memiliki 3 anak.  Betul, orang sulit untuk bersukacita, mengucap syukur jika sedang berada di dalam kesulitan.
Firman hari ini dengan jelas berkata, “Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur” (ayat 5-6).  Bahkan di ayat 4, orang percaya didorong untuk selalu bersukacita. Sebenarnya tulisan ini ditulis oleh Paulus bukan di dalam keadaan nyaman.  Ia sedang berada di dalam penjara, ruang geraknya dibatasi oleh tembok dan jeruji.  Namun hal ini tak menghalanginya untuk sukacita (surat Filipi sering disebut sebagai surat sukacita karena isinya yang penuh dorongan untuk bersukacita). Mengapa ia masih bisa bersukacita, mengucap syukur?  Karena ia tahu bahwa Tuhan sudah dekat, penderitaan ini hanya sementara, sehingga ia tidak kuatir.  Sebab Tuhan adalah sumber SEGALAnya.  
Maka saudara sebagai pengikut Yesus, ketika arungi kehidupan yang penuh dengan tantangan dan pergumulan ini dengan memikirkan apa yang dikatakan oleh Paulus bahwa semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu (ayat 8). Amin. 

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa berikan bagi gereja melalui keuangan atau tenaga saudara!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka juga belajar memberi.

Ayat Hafalan :  Matius 6:21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”