“Awal Mengalami Karunia-Nya”



Amsal 6:6-11

MENERIMA
Berdoalah melalui kebenaran firman Tuhan pada hari ini, membuat hati saudara tidak diikat oleh harta.


MERENUNGKAN
1. Apakah awal dari berkat-berkat Tuhan Allah atas umat manusia? (7-8)
..................................................................................................................................................
2. Apakah yang menghalangi berkat Tuhan? (6,9-11)
..................................................................................................................................................

PENGAJARAN
Salah satu bidang kehidupan yang butuh hikmat adalah bidang keuangan. Bila seseorang salah mengelola keuangan, misalnya terjerat oleh hutang, maka ia akan mengalami banyak kesusahan di kemudian hari. Jikalau seseorang kurang hikmat atau pandai mengatur keuangan, maka dirinya juga sulit (akan berpikir ulang beberapa kali) untuk belajar mengembalikan hak-hak dari Tuhan, khususnya dalam hal ini, yaitu melalui persembahan.

Pengamsal mengajak pembaca belajar dari kijang atau burung yang segera sadar jika mereka hampir terkena jerat, supaya bisa sesegera meloloskan diri (ayat 5). Kehancuran berawal ketika seseorang malas untuk berjuang, malas untuk merencanakan masa depan dan menikmati jeratan tersebut. Jeratan itu bisa berupa tawaran hidup mudah dan carah mudah mendapat uang. Jeratan hal keuangan, bisa berupa: hutang, kartu kresit dan pengeluaran yang tak terkendali serta gaya hidup yang boros adalah hal yang harus diwaspadai. Jadi, sebelum menerima tawaran kredit atau membeli sesuatu yang tidak sebanding dengan gaji, maka harus berpikir jauh atas akibat pembelanjaan itu secara cermat. Anak-anak Tuhan perlu belajar tegas mengatakan "tidak" atas tawaran yang membuatnya terjerat hutang, tawaran hidup tanpa susah. Bekerja dengan rajin dan memikirkan masa depan adalah 2 hal penting yang bisa dipelajari dari kawanan semut (6:6-11). Kemalasan atau kerajinan pada masa kini akan menentukan masa depannya. Bekerja dengan rajin bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masa kini, tetapi juga mempersiapkan diri menghadapi kebutuhan masa depan. Perlu kedisiplinan diri dalam menghadapi kemungkinan keadaan keuangan yang sulit di masa depan. 

Ini tidak berarti mengabaikan pemeliharaan Tuhan, tetapi mulai belajar mengatur keuangan saudara dengan baik. Bagaimana saudara bisa diberkati jikalau saudara tidak bisa mulai mengatur keuangan saudara sebelum diberkati secara luar biasa? 

MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk memberikan persembahan bagi pembangunan gereja dan sarana gereja sebagai bukti kasih dan kepedulianmu bagi gereja dan ekspresi kasihmu kepada Tuhan !
 ......................................................................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih berat hati untuk melaksanakan perpuluhan.

Ayat Hafalan : Ulangan 8:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”