“Belajar Mencukupkan Diri”


Filipi 4:11-14

MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar saudara dapat belajar mencukupkan diri dengan berkat-berkat yang Tuhan berikan!

MERENUNGKAN
1. Apa yang dialami dan dilakukan Paulus dalam pelayanannya? (11-12)
...................................................................................................
2. Bagaimana kesaksian Paulus akan karya Tuhan dalam hidupnya? (13)
...................................................................................................
3. Apa yang telah jemaat Filipi lakukan pada Paulus? (14)
...................................................................................................

PENGAJARAN
Manusia memiliki sifat yang tidak akan pernah puas dengan apa yang dimiliki. Apabila telah mendapatkan maka ia akan terus berusaha untuk meraih lebih dari yang telah didapat saat ini. Ada seorang anggota  gereja Quaker di Amerika, ia mengiklankan bahwa dia akan memberikan tanah pekarangan seluas 40 acre (1 acre=0,4046 hektar) kepada siapa saja yang merasa puas dengan apa yang mereka miliki. Ternyata ada seorang yang menemuinya. “Apakah engkau puas dengan apa yang sudah engkau miliki?” “Ya,” jawab orang itu dengan penuh harapan. “Kalau demikian apa yang membuat engkau masih menginginkan tanah ini?” jawab anggota gereja Quaker itu. Kepuasan akan materi tak akan pernah dirasakan jika dia tidak belajar mencukupkan diri dengan yang dimiliki.

Paulus menuliskan suratnya pada jemaat di Filipi, bagaimana ia menyaksikan dan merasakan pemeliharaan Tuhan di dalam hidupnya. Ia telah merasakan apa itu kelimpahan dan kekurangan, ini karena Tuhanlah yang memberinya kekuatan. Dan bukan hanya keadaan ekonomi, namun dalam berbagai kesulitan lainnya, Paulus tahu bahwa Tuhanlah yang bersama-sama dengan dia. Dan tentu saja, ia sangat bersyukur untuk dukungan yang telah diberikan jemaat Filipi dalam kehidupannya.

Dengan berkat-berkat yang Tuhan sudah berikan, belajarlah mencukupkan diri. Tuhan menginginkan agar setiap anak-anak-Nya berusaha semaksimal mungkin bekerja dan bersyukur untuk setiap berkat yang Tuhan sudah berikan. Jangan hidup hanya untuk dikuasai oleh keinginan materi belaka, oleh sebab itu, ketika saudara belajar untuk mencukupkan diri, maka saudara tidak akan bersungut-sungut, tetapi beryukur selalu dan malah dapat menolong orang lain.

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa berikan bagi gereja melalui keuangan atau tenaga saudara!
 ......................................................................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka juga belajar memberi.
Ayat Hafalan :  Matius 6:21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”