“Mulai Dengan Iman”


Mazmur 1:1-3


MENERIMA
Berdoalah, dan mohonlah kepada Tuhan, agar setelah merenungkan firman-Nya hari ini, saudara mau taat dan melakukan perintah-Nya.


MERENUNGKAN
1. Sebutkanlah langkah awal seorang yang beriman? (2)
...........................................................................................
2. Bagaimana hidup yang berbahagia (blessed - ’diberkati’)? (1)
............................................................................................
3. Apakah yang akan menanti mereka yang beriman? (3)
............................................................................................
PENGAJARAN
Rindukah saudara mengalami dan menuai panen buah pada musimnya, memiliki hidup yang selalu menghasilkan keuntungan -’apa yang diperbuatnya selalu berhasil - Ingris = prosper -? (ayat 3). Semua itu dapat diperoleh ketika dirinya memiliki akar yang kokoh. Seperti sebuah rumah, jikalau ia ingin rumah itu kokoh dan bagus, maka wajiblah dia memiliki fondasi yang kuat. Rumah/pohon disini adalah pola pikir yang baru dan pondasi atau akar yang kokoh diumpamakan dengan iman.

Seseorang akan mendapatkan hidup benar, hidup yang diberkati atau hidup yang mengalami karunia atau perkenanan Allah jikalau menjauhkan diri hidup yang fasik (ayat 1). Roma 10:17 menyebutkan bahwa iman adalah sesuatu yang dihasilkan (output) dan inputnya adalah kehidupan yang menyukai firman Tuhan, yang selalu merenungkan firman Tuhan setiap hari (ayat 2). Jikalau kehidupan anak-anak Tuhan seperti yang digambarkan dalam ayat 1-2, maka otomatis output-nya secara nyata terlihat seperti di dalam ayat 3, yaitu apa saja yang dikerjakannya ‘berhasil’ (Ibrani = tsalach, yang dapat diterjemahkan = ‘sukses atau beruntung’). Jadi kehidupan anak-anak Tuhan yang memiliki input firman Tuhan akan mengalami karunia-Nya.

Mungkin saudara bertanya: ’kenapa saya beriman, tetapi mengalami masalah bertubi-tubi?” Bisa jadi itu sebagai ujian bagi saudara untuk memiliki iman yang matang (Yakobus 1:2-4). Saat situasi tidak menentu dan tak berjalan sesuai harapan, inilah saat yang tepat untuk melatih iman saudara, juga respon iman saudara saat mengalami kondisi seperti itu? Atau bisa jadi malah sebaliknya, masalah yang datang menjadi tanda peringatan (warning) dari Allah: Apakah saudara sudah bergaul karib dengan Allah setiap hari? 


MELAKUKAN
Yakinlah dan mulailah melangkah untuk setia dalam memberi persembahan bagi pekerjaan n melalui gereja, maka saudara akan melihat tingkap langit dibukakan bagi hidup saudara !
 ........................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel bahwa berkat-berkat Tuhan selalu cukup untuk dipakai bahkan tidak pernah habisnya!
Ayat Hafalan : 2  Korintus 9:6-7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”