“Pasti Akan Berbuah”


Lukas 6:43-45

MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar perenungan Firman Tuhan hari ini dapat mendorong saudara untuk memiliki buah iman yang benar.

MERENUNGKAN
1. Apakah ada pohon yang baik menghasilkan buah yang tidak baik atau sebaliknya? (43)
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
2. Apa yang dikeluarkan oleh orang baik dan apa yang dikeluarkan oleh orang jahat? (45)
..................................................................................................................................................

PENGAJARAN
Rangkaian pengajaran Yesus kepada para murid-Nya ditutup dengan suatu dorongan untuk menghasilkan buah sebagai tanda kesejatian statusnya sebagai murid-Nya. Tiada cara lain untuk menunjukkan kesejatian itu kecuali praktik hidup yang bisa dilihat, sebagai kesaksian benar akan Kristus, dan dirasakan, sebagai perwujudan nyata kasih kristiani. Yang baik selalu melahirkan yang baik juga (ayat 43-44), ini prinsip yang tidak bisa ditawar. Sungguh menyedihkan dan palsu adanya kalau mulut mengatakan hal-hal manis, tetapi hati penuh kedengkian dan kejahatan. Paling-paling hanya sesaat kesaksian palsu itu bertahan. Ketika tekanan datang, segera kelihatan belangnya.

Ilustrasi yang Yesus pakai di akhir rangkaian pengajaran-Nya ini sungguh tepat untuk membongkar kepalsuan yang ada dan meneguhkan kesejatian murid Tuhan. Hanya murid Tuhan sejati, yang fondasi kehidupannya dibangun berdasar pada firman Tuhan, yang akan bertahan menghadapi badai kehidupan (47-48). Sebaliknya, seorang yang mengaku murid Tuhan, yang mulut bibirnya menyebut-nyebut Tuhan, akan terbukti kepalsuannya melalui 2 hal. Pertama, ia tidak melakukan firman. Lain mulut, lain perbuatan. Mengapa demikian? Karena firman tiada dalam kehidupannya. Pondasi hidupnya bukan firman Tuhan, tapi pada kekosongan atau hal-hal lain yang tidak benar. Akibatnya, kedua, ketika badai kehidupan menerpa dirinya, bangunan hidupnya dan kesaksian palsunya, akan roboh dan rusak berat.

Hal pertama yang harus saudara evaluasi: bukan penampilan saudara sudah Kristen atau belum. Namun, yang utama adalah apakah Yesus dan firman-Nya telah menjadi dasar hidup. Ingat kemuridan sejati atau palsu, akan terbukti saat kesulitan menerpa hidup saudara: apakah buah-buah dari hidup kekristenan saudara nampak dari reaksi atau respon saudara akan hal itu?

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa kerjakan dalam pelayanan GKKK atau SKKK, agar kemajuan pemberitaan Injil makin pesat!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum terlibat aktif dalam mengobarkan api dari Allah.

Ayat Hafalan : Yohanes 12:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”