“Hati Dan Harta”


Lukas 18:18-27

MENERIMA
Berdoalah melalui kebenaran firman pada hari ini, membuat hati saudara tidak diikat oleh harta.

MERENUNGKAN
1. Apa yang dicari oleh orang muda itu pada Yesus? (18)
........................................................................................................
2. Apa perintah Yesus padanya? Mengapa ia sedih? (22-23)
........................................................................................................
3. Apa yang saudara pahami dari ayat 27 ini?
........................................................................................................

PENGAJARAN
Dalam perikop ini, dikatakan bahwa seorang yang pemimpin sangat kaya, yang datang kepada Yesus untuk bertanya mengenai hal kerohanian dan tentunya pergumulan hidupnya sebagai pengusaha. Dan tentu Yesus tahu isi hatinya. Yesus pun tahu bahwa pemimpin muda yang kaya ini meletakkan harta sejajar dengan Allah yang dipercayainya. Dia ingin meraih keduanya, oleh sebab itu, ketika Yesus menyuruh dia memberi pada orang miskin. Ia pergi dengan sedi, ini tak sekedar karena harta banyak tapi Yesus langsung menusuk masalah pribadinya. Harta adalah seperti boneka kesayangannya, yang tak boleh seorang pun menyentuh dan memegangnya. 

Di Philadelpia ada gereja besar, mereka memiliki rumah sakit yang besar juga. Hal yang menarik yaitu foto gadis kecil yang kurus diletakkan di ruangan utama. Sebelum sebesar ini gedung mereka, pernah ada gadis kecil miskin mau ikut Sekolah Minggu. Karena kondisinya, maka dia tidak diizinkan masuk. Di satu sudut ruangan, dia menangis. Saat bersamaan pendeta gereja itu melihatnya, seusai berbicara, gadis itu diajak masuk. Singkat cerita, 2 tahun kemudian, ia mengalami sakit dan tidak tertolong sehingga meninggal. Di kamarnya ditemukan 57 sen dan secarik kertas yang tertulis: ’Tuhan tolong pakai uang ini untuk bangun ruang SM yang lebih besar. Supaya bisa tampung anak lebih banyak”. Tulisan itu menggugah jemaat untuk mewujudkan mimpi gadis itu. 

Matius 6:21 “karena dimana hartamu berada, disitu juga hatimu berada”. Sikap terhadap harta adalah satu bentuk ujian Tuhan atas isi hati manusia. Salah satu  yang Dia tuntut adalah berkorban dalam soal harta. Pemberian yang kecil bisa diubah menjadi besar oleh-Nya, jika dilakukan dengan hati yang sungguh untuk menyenangkan-Nya.

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa berikan bagi gereja melalui keuangan atau tenaga saudara!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka juga belajar memberi.
Ayat Hafalan :  Matius 6:21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”