“Pemeliharan Tuhan”


Mazmur 81:9-17

MENERIMA
Bersyukurlah kepada Tuhan yang selalu menyatakan pemeliharaan-Nya atas kehidupan saudara!

MERENUNGKAN
1. Apakah perintah Tuhan kepada setiap umat-Nya? (9-11)
...........................................................................................................
2.  Bagaimanakah kondisi umat yang tak taat perintah Tuhan? (12-13)
...........................................................................................................
3. Apakah janji-Nya pada umat yang taat perintah-Nya? (14-17)
...........................................................................................................


PENGAJARAN
Melihat keadaan ekonomi masa kini, tentu saja banyak muncul kekuatiran yang ada. Mampukah bertahan hidup di tengah masalah, himpitan dan tekanan ekonomi, sosial dan segala keadaan yang ada. Tak dapat dipungkiri bahwa kekuatiran yang ada terkadang akan membawa orang percaya kepada pertanyaan tentang bagaimana pemeliharaan Tuhan dalam hidup mereka.
Dalam pembacaan hari ini, Allah memberikan suatu peringatan dan perintah kepada bangsa Israel yaitu “Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing” (ayat 10). Allah telah menunjukkan bagaimana ia telah menolong bangsa Israel selama ini, dimulai dari keluarnya bangsa Israel dari Mesir sampai mereka menuju tanah Kanaan. Begitu besar pertolongan dan pemeliharaan yang Tuhan telah nyatakan bagi seluruh umat bangsa Israel. Namun, karena kedegilan hati mereka, maka mereka tidak menuruti jalan yang diperintahkan Tuhan kepada mereka. Mereka selalu ragu akan pemeliharaan Tuhan dan tidak percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Padahal, janji Tuhan luar biasa kepada mereka, “Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik”. Gandum merupakan sumber bahan makanan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia pada masa itu. Sumber makanan yang terbaik akan Tuhan berikan kepada mereka, inilah janji yang Tuhan berikan kepada umat Israel. Sangat nyata pemeliharaan Tuhan bagi mereka. 
Walaupun keadaan ekonomi saudara sulit dan masalah yang saudara hadapi tak kunjung ada habisnya, namun apabila saudara mengingat dan melihat kembali bukankah selalu nyata pemeliharaan Tuhan dalam hidup saudara? Oleh sebab itu, jangan ragukan Tuhan dalam hidup saudara. Percayalah kepada-Nya dan berjalanlah sesuai dengan apa yang diperintahkan-Nya, maka janji pemeliharaan-Nya akan terus dinyatakan dalam hidup saudara.

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa kerjakan dalam pelayanan GKKK atau SKKK, agar kemajuan pemberitaan Injil makin pesat!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum terlibat aktif dalam mengobarkan api dari Allah.

Ayat Hafalan : Yohanes 12:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”