“Persembahan Persepuluhan”


Bilangan 18:21-24

MENERIMA
Berdoalah, dan mohonlah kepada Tuhan, agar setelah merenungkan firman-Nya hari ini, saudara mau taat dan melakukan perintah-Nya.

MERENUNGKAN
1. Apakah yang diterima bani Lewi dari orang Israel? Apa sebabnya? (21)
..................................................................................................................................................
2. Apakah tugas orang Lewi? Apakah risiko dari tanggungjawab yang diberikan? (23)
..................................................................................................................................................
3. Apakah akibat orang Lewi setelah menerima persembahan itu?
..................................................................................................................................................

PENGAJARAN
Persembahan persepuluhan yang paling awal, dilakukan oleh Abraham kepada Melkisedek, raja Salem, imam Allah Yang Mahatinggi (Kejadian 14:17-20). Dalam kitab Perjanjian Lama (PL), perintah ini pertama kali dicatat dalam Imamat 27:30. Selanjutnya di Perjanjian Lama, beberapa kali disinggung tentang persembahan persepuluhan, kemudian ditutup  dalam kitab Maleakhi 3:6-12.

Bagaimana mungkin manusia dapat menipu Allah? Tak mungkin, namun melalui nabi Maleakhi diingatkan jika mereka tak melakukan kewajiban memberikan persepuluhan maka berarti mereka tak percaya pada-Nya dan mereka sedang menipu-Nya. Dia berseru agar mereka kembali taat melakukan firman-Nya. Makna memberikan persepuluhan berarti suatu pengakuan semua yang dimilikinya adalah milik Tuhan, mereka hanya dipercayakan untuk mengelolanya. Barang siapa setia dalam perkara kecil, Tuhan akan memberikan kepadanya tanggung jawab dalam perkara yang besar (Matius 25:21). Tujuan persembahan jenis ini adalah supaya ada persediaan makanan di rumah Tuhan. Dan Tuhan memberikan kesempatan kepada orang percaya untuk menguji Allah (Maleakhi 3:10).

Dijaman anugerah ini, sikap anak Tuhan dalam memberikan persepuluhan seharusnya bukan karena perintah Tuhan semata, bukan karena menginginkan kekayaan atau berkat berkelimpahan, tetapi karena dilandasi oleh kasih, karena Tuhan telah memberikan anugerah terbesar yaitu keselamatan melalui Putera-Nya Yesus Kristus. Marilah saudara memeriksa hati di hadapan Tuhan: ‘apakah saya mengasihi-Nya? Apakah saya percaya kepada janji-Nya? Apakah saya melakukan firman-Nya?” Kiranya Tuhan menolong saudara.

MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk memberikan persembahan bagi pembangunan gereja dan sarana gereja sebagai bukti kasih dan kepedulianmu bagi gereja dan ekspresi kasihmu kepada Tuhan !
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih berat hati untuk melaksanakan perpuluhan.

Ayat Hafalan : Ulangan 8:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”