“Persembahan Yang Menyenangkan-Nya”


Imamat 27:28-33
MENERIMA
Berdoalah mohon Tuhan menolong agar menaati kebenaran firman Tuhan pada hari ini.

MERENUNGKAN
1. Mengapa perpuluhan adalah persembahan kudus? (28,30)
............................................................................................................
2. Apakah persembahan ini boleh ditawar? (33)
............................................................................................................

PENGAJARAN
Persembahan persepuluhan adalah suatu perintah Tuhan Allah. Tuhan memberikan perintah kepada umat-Nya untuk mempersembahkan persepuluhan dari seluruh hasil benihnya yang tumbuh diladang tahun demi tahun (Ulangan 14:22). Perpuluhan bukan hak manusia atau milik dari manusia, sehingga dia dapat ditimbang-timbang antara memberi atau menunda atau bahkan tidak memberikannya (ayat 33). Karena perpuluhan adalah milik Tuhan atau sesuatu yang dikhususkan bagi Allah, maka ia menjadi ‘barang yang kudus’ dan jika umat Tuhan tidak memberikannya sama dengan merampas milik Allah, seperti disebutkan kembali dalam Maleakhi 3:8.

Persembahan perpuluhan adalah sebuah jenis persembahan yang menyenangkan hati Tuhan karena itu salah satu cara ketaatan umat-Nya atas firman-Nya. Tuhan meminta 10% dari pendapatan mereka per bulan. Permintaan ini tidak terlalu banyak dan bukan persembahan yang berupa pajak. Persembahan ini bukan persembahan pilihan. Tuhan mengizinkan umat-Nya untuk menguji Dia melalui ketaatan mereka untuk memberikan persepuluhan dari penghasilan yang diperoleh. Bhakan perintah ini disertai dengan sebuah janji untuk membuka tingkap-tingkap langit yang menggambarkan segala berkat yang diperlukan. Perpuluhan ditujukan kepada TUHAN. Perpuluhan adalah tanggung jawab umat kepada Allah, bukan sebagai iuran atau pajak seperti pada pemerintah. Jadi makna persembahan ini sebagai (1) Rasa syukur atas kecukupan yang Dia berikan, bukan semacam "pancingan" supaya Allah memberkati lebih besar. (2) Tanda kasih kepada Tuhan, bukan sebagai suap kepada-Nya. (3): Mengajarkan sikap takut akan Tuhan (Ulangan 14:23). 

Jadi kalau saudara mengalami berkat Tuhan, mengapa masih ragu atau menimbang terlalu lama untuk melakukannya? Atau mengapa masih terlalu berhitung dengan-Nya?

MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk memberikan persembahan bagi pembangunan gereja dan sarana gereja sebagai bukti kasih dan kepedulianmu bagi gereja dan ekspresi kasihmu kepada Tuhan !
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih berat hati untuk melaksanakan perpuluhan.
Ayat Hafalan : Ulangan 8:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”