“Prinsip Investasi”


Amsal 11:24-28

MENERIMA
Berdoalah memohon kepada Tuhan agar diberikan kemurahan hati sehingga bisa ikut ambil bagian di dalam pekerjaan Tuhan.

MERENUNGKAN
1. Apakah upah yang diperoleh bagi orang yang memberi? (25)
..........................................................................................................
2. Apakah upah yang diperoleh bagi yang mengejar kebaikan dan kejahatn? (27)
..........................................................................................................

PENGAJARAN
Pepatah populer ini mungkin tidak asing bagi saudara dengar, biasanya muncul dari kalangan ekonomi menengah ke bawah adalah “yang kaya makin kaya sedangkan yang miskin semakin miskin”. Pepatah ini seringkali didengungkan di masa kini untuk menyindir para pengusaha kaya ataupun pejabat korup mungkin karena kekayaannya yang terus bertambah setiap tahun ke tahun.  Sedangkan orang miskin semakin banyak karena terhimpit persaingan dari si kaya.  Memang pepatah ini terkesan berkonotasi negatif pada akhirnya.
Namun rupanya pepatah ini pun sudah didengungkan oleh pengamsal di Amsal 12: 24, “Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan”. Tetapi perbedaannya bunyi amsal ini lebih bernuansa positif.  Pengamsal sedang mengajarkan pendengarnya untuk memiliki sikap murah hati, sebab Tuhan akan memberkati orang yang murah hati dan mengabaikan yang kikir.  Di 2 Korintus 9:6 Paulus pun berkata: “Orang yang menabur sedikit akan menuai sedikit juga, dan orang yangmenabur banyak akan menuai banyak juga”.

Orang yang hidup hemat tidak sama dengan orang yang kikir, oleh sebab itu hidup hemat harus disertai juga dengan kemurahan hati.  Orang yang kikir hanya mementingkan dirinya sendiri maka pastinya ia akan sulit untuk bermurah hati.  Pilihlah untuk menjadi hemat tanpa harus menjadi kikir.  Pada kahirnya jika saudara hidup dengan kemurahan hati layaknya saudara menaruh investasi, saudara akan mendapatkan apa yang saudara sudah beri.  Ayat 27 merangkum bagian ini: Siapa mengejar kebaikan, berusaha untuk dikenan orang, tetapi siapa mengejar kejahatan akan ditimpa kejahatan. Tuhan akan memberkati hidup saudara dan mengutus orang-orang untuk memberkati hidup saudara.  Jadilah orang yang murah hati dan saudara akan menuai apa yang saudara tabur. Amin.

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa kerjakan dalam pelayanan GKKK atau SKKK, agar kemajuan pemberitaan Injil makin pesat!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum terlibat aktif dalam mengobarkan api dari Allah.

Ayat Hafalan : Yohanes 12:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”